PBNU: Hentikan Konflik Berdarah Yaman!

| Rabu, 14/11/2018 15:28 WIB
PBNU: Hentikan Konflik Berdarah Yaman! Logo NU. (foto: nu.or.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengecam keras peristiwa bentrokan berdarah di Kota Hudaifah, Yaman yang mengakibatkan korban jiwa. Untuk itu, PBNU mendorong pemerintah Indonesia agar ikut andil dalam perdamaian di Yaman.

PBNU pun menyampaikan pernyataan sikap yang meminta tindakan kekerasan tersebut dihentikan. Pernyataan sikap yang terdiri atas lima poin tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Sirajd dan Sekjen PBNU Ahmad Helmy Faisal Zaini.

"Menyaksikan dan mencermati peristiwa bentrokan yang terjadi antara loyalis pemerintah Yaman dengan Kelompok Pemberontak Houthi di Kota Hudaidah, Yaman yang telah menelan korban 142 jiwa termasuk anak-anak dan perempuan, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menegaskan:

Pertama, mengecam segala bentuk dan tindak kekerasan, termasuk di dalamnya adalah perilaku menyerang pihak-pihak yang dianggap berbeda. Perilaku kekerasan bukanlah bukan merupakan ciri Islam yang Rahmatan Lil alamin.

Kedua, perdamaian, kebebasan, dan juga toleransi adalah prinsip utama dalam menjalankan kehidupan di samping prinsip Maqaasid Syariah yang terdiri dari hifdud din wal aql (menjaga agama dan akal), hifdzul nafs (menjaga jiwa), hifdun nasl (menjaga keluarga), dan hifdul mal (menjaga harta) dan hifdhul irdh (menjaga martabat). Kelima prinsip tersebut merupakan prinsip utama yang harus ditegakkan di manapun bumi dipijak.

Ketiga, Mendorong pemerintah Indonesia untuk segera mengambil langkah diplomatis dan ikut andil dalam upaya menciptakan perdamaian di Yaman. Upaya ini penting dilakukan sebagai bagian dari tanggungjawab Internasional yakni turut berperan dalam usaha menciptakan perdamaian dan keamanan dunia.

Keempat, mendesak PBB untuk berinisiatif melakukan mediasi agar tercipta suatu keadaan yang kondusif di Yaman serta agar tumbuh kembali sebagai negara yang berdaulat yang mensejahterakan rakyat.

Kelima, Mengajak Kepada Masyarakat Internasional untuk bersama-sama menggalang bantuan kemanusiaan bagi masyarakat Yaman. 

Tags : PBNU , Indonesia , Konflik Yaman

Berita Terkait