KPU Hanya Sediakan 450 Kursi di Debat Ketiga

| Selasa, 26/02/2019 21:45 WIB
KPU Hanya Sediakan 450 Kursi di Debat Ketiga Arief Budiman (Ketua KPU RI). (doc. wartaekonomi.co.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengurangi jumlah penonton pada debat ketiga Pilpres 2019. Adapun debat ketiga antara calon wakil presiden nomor urut 01 KH. Ma`ruf Amin dan nomor urut 02 Sandiaga Uno akan digelar pada 17 Maret 2019 mendatang di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pada debat nanti KPU menyediakan total sebanyak 450 kursi untuk penonton debat. Dia beralasan agar suasana debat lebih tenang.

"Total kursi kapasitas yang tersedia itu hanya sekitar 450 orang. Jadi akan lebih longgar. Diharapkan itu lebih tenang nanti suasananya," kata Arief di Kantor KPU, jalan Imam Bonjol, Jakarta pusat, Selasa, 26 Februari 2019.

Arief menerangkan, sebelumnya KPU menyediakan sebanyak 600 kursi untuk para tamu yang akan menyaksikan debat. Namun, lanjutnya, setelah di evaluasi KPU menilai jumlah tersebut terlalu banyak sehingga membuat ruangan debat menjadi tidak kondusif.

"Yang jelas dari kapasitas total awal 600 kursi. Kemarin terlihat terlalu sesak, maka kita kurangi kapasitas totalnya menjadi 500 kursi. 500 itu awalnya KPU mengatur dikurangi 140 kursi untuk masing-masing tamu timses yang kemarin direncanakan jadi 50 orang saja. Tapi mereka keberatan agak susah mengatur karena tim intinya saja jumlahnya sudah lebih dari 50," jelasnya seperti dikutip dari kumparan.com.

Usai melakukan rapat bersama dengan timses masing-masing pasangan calon, maka jumlah 450 orang itu adalah 75 masing-masing timses dan undangan 300 orang.

"Kami berdiskusi dengan peseta rapat semuanya tadi ada Bawaslu, ada pasangan calon. Kesimpulan sementara kita, akan kita kurangi separuh dari yang kemarin itu sekitar 75 orang tiap paslon. KPU tetap akan mengundang 300 orang," tuturnya.

Namun, Arief menyebut bahwa keputusan tersebut belum sepenuhnya disepakati. Rencananya terkait jumlah undangan akan diputuskan pada rapat selanjutnya.

Tags : KPU RI , Debat Pilpres , Pilpres 2019