Anik Maslachah Gantikan Halim Iskandar Jadi Wakil Ketua DPRD Jatim

| Senin, 28/10/2019 22:12 WIB
Anik Maslachah Gantikan Halim Iskandar Jadi Wakil Ketua DPRD Jatim Ketua Perempuan Bangsa Jatim, Anik Maslachah. (foto: Istimewa)

SURABAYA, RADARBANGSA.COM - Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) menunjuk Ketua Perempuan Bangsa, Anik Maslachah menggantikan Abdul Halim Iskandar jadi Wakil Ketua DPRD Jawa Timur untuk periode 2019-2024.

Penunjukan tersebut setelah Abdul Halim Iskandar resmi menjadi Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi mengkonfirmasi bahwa surat pergantian dari DPP PKB akan segera diproses.

"Surat dari DPP akan diproses. Selanjutnya, DPW akan bersurat ke DPRD untuk mekanisme penggantian," kata Fauzan Fuadi, Senin, 28 Oktober 2019 (28/10/2019).

Fauzan juga berharap proses pergantian tidak memakan waktu lama. "Kami berharap pekan ini sudah selesai," uangkapnya.

Dengan ditunjukkan perempuan yang sudah tiga periode di DPRD Jatim ini, otomatis struktur di Fraksi PKB juga ikut berubah. Posisi Ketua Fraksi yang sebelumnya dijabat oleh Anik, akan digantikan oleh Fauzan Fuadi.

Diketahui, Fauzah Fuadi memegang jabatan sebagai sekretaris fraksi. Posisi ini hanya sebatas pembagian tugas. Sebagai kader, harus siap ketika ditunjuk di posisi manapun," kata Fauzan menjelaskan.

Jatah wakil ketua DPRD Jatim salahnya satunya memang milik PKB, itu berdasarkan perolehan suara pemilu 2019 lalu, diaman PKB berada di peringkat kedua dengan perolehan 25 kursi.

Kursi pimpinan dewan dari Fraksi PKB diisi oleh Halim Iskandar. Selain menjabat Anggota Fraksi, Halim sebelumnya juga menjabat sejumlah Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Jatim.

Di antaranya, Wakil Ketua DPRD Jatim, Wakil Ketua Badan Musyawarah DPRD Jatim, Wakil Ketua Badan Anggaran, hingga Penasehat Fraksi PKB DPRD Jatim. Oleh karena itu, PKB di dalam waktu dekat akan melakukan rotasi, baik di posisi Fraksi maupun AKD lainnya.

Tags : Anik Maslachah , PKB , Halim Iskandar

Berita Terkait