APBN 2021, Anggaran Kesehatan Rp169,7 Triliun

| Jum'at, 14/08/2020 17:34 WIB
APBN 2021, Anggaran Kesehatan Rp169,7 Triliun Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Keterangan Pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2021 Beserta Nota Keuangannya di Depan Rapat Paripurna DPR RI, Jumat 14 Agustus 2020.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa anggaran kesehatan direncanakan sebesar Rp169,7 triliun atau setara 6,2% APBN.

“(Anggaran ini) diarahkan terutama untuk peningkatan dan pemerataan dari sisi supply, serta dukungan untuk pengadaan vaksin,” kata Presiden Jokowi.

Selain itu, tambah Presiden, anggaran tersebut untuk meningkatkan nutrisi ibu hamil dan menyusui, balita, penanganan penyakit menular, serta akselerasi penurunan stunting.

“Perbaikan efektivitas dan keberlanjutan program jaminan kesehatan nasional serta penguatan pencegahan, deteksi, dan respons penyakit, serta sistem kesehatan terintegrasi,” tambah Presiden.

Sementara itu, pembangunan Teknologi Komunikasi dan Informasi (ICT) di tahun 2021 dengan anggaran Rp30,5 triliun (termasuk melalui TKDD) difokuskan untuk mengakselerasi transformasi digital untuk penyelenggaraan pemerintahan.

“Mewujudkan pelayanan publik yang efisien dan cepat, seperti di bidang pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan,  mengonsolidasi dan mengoptimasi infrastruktur dan layanan bersama; serta mewujudkan inklusi masyarakat di wilayah prioritas pembangunan dan mendorong kesetaraan dengan tambahan akses internet pada sekitar 4.000 desa dan kelurahan di daerah 3T.

Tags : Presiden Jokowi , APBN 2021