Pertama dalam sejarah diplomasi di DK PBB, Resolusi Indonesia Disahkan

| Minggu, 30/08/2020 16:26 WIB
Pertama dalam sejarah diplomasi di DK PBB, Resolusi Indonesia Disahkan Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI). (Foto: twitter @Kemlu_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Dewan Keamanan PBB berhasil mengesahkan secara konsensus Resolusi 2538 (2020) mengenai personel perempuan dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB.

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi mengatakan, resolusi tersebut merupakan kontribusi nyata Indonesia dalam diplomasi perdamaian dan Resolusi 2538 ini merupakan resolusi pertama dalam sejarah diplomasi Indonesia di DK PBB.

“Hal ini sekaligus merupakan wujud sumbangsih Indonesia dalam meningkatkan peran perempuan sebagai agen perdamaian, khususnya dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB,” kata Menlu Retno Marsudi dalam keterangan persnya, Sabtu 29 Agustus 2020.
 
Retno menuturkan, resolusi ini juga tergolong langka karena disponsori bersama oleh seluruh anggota DK PBB. Resolusi yang digagas Indonesia ini disponsori oleh 97 negara PBB, termasuk seluruh anggota DK PBB.
 
Dukungan yang luar biasa dari negara-negara PBB tidak lepas dari konsistensi Indonesia dalam memperjuangkan diplomasi perdamaian dan pemberdayaan peran perempuan dalam perdamaian sejak awal keanggotaannya di DK PBB tahun 2019.
Tags : Indonesia , DK PBB , Palestina