Kementerian PUPR Selesaikan Embung Kamilin dan Gunung Raya di Pringsewu

| Kamis, 19/11/2020 20:30 WIB
Kementerian PUPR Selesaikan Embung Kamilin dan Gunung Raya di Pringsewu Kementerian PUPR bangun embung di Provinsi Lampung (foto:pugoid)

RADARBANGSA.COM - Sebagai upaya pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) untuk mengantisipasi kekeringan dan mendukung program ketahanan pangan dan air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan jumlah tampungan air di Indonesia salah satunya dengan membangun embung.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, keberadaan embung selain untuk irigasi lahan pertanian juga bermanfaat untuk konservasi air yang dapat digunakan sebagai sumber air baku bagi masyarakat dan sumber air peternakan terutama pada saat musim kemarau.

“Di beberapa daerah masih terdapat masyarakat yang masih kesulitan memperoleh air bersih. Realitas seperti ini menjadi perhatian Kementerian PUPR agar selalu berupaya menyediakan infrastruktur salah satunya melalui pembangunan embung” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan persnya, Kamis 19 November 2020.

Basuki menjelaskan, salah satu embung yang telah diselesaikan pembangunannya pada tahun 2020 oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung adalah Embung Kamilin dan Gunung Raya yang berada di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung.

"Pembangunan kedua embung tersebut dilaksanakan oleh penyedia jasa kontruksi lokal, yakni CV Lembak Indah sejak tanggal kontrak 18 Februari 2020 dengan biaya APBN sebesar Rp 6,9 miliar dan telah selesai pada Oktober 2020," katanya.

Diketahui, Embung Kamilin memiliki luas genangan 0,39 hektare dan kapasitas tampung 11.750 m3. Sementara Embung Gunung Raya memiliki luas genangan 1,24 hektare dan volume tampung 14.171 m3. Dengan dibangunnya 2 embung tersebut, maka pemenuhan kebutuhan air di Kecamatan Pagelaran, Pringsewu tidak hanya mengandalkan dari curah hujan (tadah hujan) dan sungai Way Sekampung yang debit airnya menurun pada musim kemarau.

Embung Kamilin dan Gunung Raya sebagai tampungan air dapat menampung kelebihan air pada musim penghujan dan dimanfaatkan pada musim kemarau, sehingga menjamin keberlangsungan ketersediaan air serta selagi menunggu pengoperasian Bendungan Way Sekampung yang juga dibangun Kementerian PUPR di Kabupaten Pringsewu.

Tags : Kementerian PUPR , Embung

Berita Terkait