BNSP dan Kementerian ATR/BPN Teken Skema Sertifikasi Bidang Kadastral

| Senin, 15/02/2021 21:05 WIB
BNSP dan Kementerian ATR/BPN Teken Skema Sertifikasi Bidang Kadastral Wakil Ketua BNSP, Miftakul Azis dan Direktur Pengukuran dan Pemetaan Dasar Pertanahan dan Ruang Kementerian ATR/BPN, Agus Wahyudi secara simbolis menandatangani skema Sertifikasi KKNI Bidang Kadastral (foto BNSP)

RADARBANGSA.COM - Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Ditjen Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang Kementerian ATR/BPN melaksanakan penandatanganan Skema Sertifikasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Bidang Kadastral di Gedung BNSP, Senin,15 Februari 2021.

Wakil Ketua BNSP, Miftakul Azis dan Direktur Pengukuran dan Pemetaan Dasar Pertanahan dan Ruang Kementerian ATR/BPN, Agus Wahyudi secara simbolis menandatangani skema Sertifikasi KKNI Bidang Kadastral tersebut.

"Dengan penandatanganan skema sertifikasi di bidang kadastral, semoga LSP yang bergerak di bidang kadastral bisa segera menggunakan skema sertifikasi di bidang tersebut,” kata Azis.

Kadastral ini berkaitan dengan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan pengambilan data fisik bidang tanah, meliputi pengukuran, pemetaan dan pengelolaan data geospasial dalam rangka kegiatan pendaftaran tanah.

Menurut Azis, seluruh kegiatan tersebut memerlukan kualitas SDM yang memiliki kompetensi di bidang kadastral. Oleh sebab itu, setelah skema sertifikasi ini ditandatangai, Azis optimis pengakuan kompetensi SDM dibidang Kadastral dapat dipercepat.

“Sehingga diharapkan memberi kontribusi positif terhadap program-program di Kementerian ATR/BPN khususnya dan secara luas memberikan kontribusi terhadap program sertifikasi tanah Presiden Joko Widodo.

Azis juga berharap LSP bidang Kadastral segera memanfaatkan skema sertifikasi ini dengan menambah lisensi ruang lingkup LSP untuk dapat digunakan sertifikasi kompetensi di LSP.

Penandatangan skema sertifikasi KKNI bidang Kadastral selain dihadiri oleh Wakil Ketua BNSP, juga turut hadir Anggota BNSP, pejabat di lingkungan Sekretariat BNSP, Direktur PPD Kementerian ATR/BPN dan jajaran, serta LSP di bidang Kadastral.

Tags : BNSP , Sertifikasi Profesi , Kadastral , ATR BPN