Edward Tannur Pimpin Pertemuan GKSB dengan Dubes Korsel, Ini yang Dibahas

| Rabu, 10/03/2021 17:13 WIB
Edward Tannur Pimpin Pertemuan GKSB dengan Dubes Korsel, Ini yang Dibahas Anggota BKSAP DPR RI, Edward Tannur (kanan) berswafoto dengan Dubes Korsel, Park Tae Sung (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Edward Tannur melalui Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) memimpin kunjungan kerja ke kantor Kedutaan Besar Korea Selatan di Jl. Gatot Subroto No.Kav 57, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 9 Maret 2021. Duta Besar Korea Selatan, Park Tae Sung secara langsung menyambut kedatangan Edward.

Selain Edward Tannur, turut serta dalam kunjungan kerja tersebut adalah Anggota Komisi IV DPR RI, Effendi Sianipar, Anggota Komisi X DPR RI, Desi Ratnasari dan Anggota Komisi VIII DPR RI, Sri Wulan.

Menurut Edward Tannur, kunker tersebut merupakan kunjungan atas undangan dari Park Tae Sung. Sebelumnya di Gedung DPR RI Senayan, Park Tae Sung bersama rombongan datang berkunjung pada 8 Februari 2021.

Saat menyambut kunjungan DPR RI, Park memperkenalkan diri sebagai kepala perwakilan yang baru Republik Korea sekaligus membicarakan kerja sama bilateral kedua negara.

Anggota Komisi IV DPR RI ini mengatakan sejak awal Indonesia memiliki kerja sama yang baik dengan Korea Selatan, terutama di masa pandemi ini. Korea Selatan telah banyak membantu Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan alat kesehatan dan obat-obatan, termasuk pertanian hingga pendidikan.

"Kami tentu mendukung bahwa di dalam masa sulit ini, kerja sama, kolaborasi dan kemitraan Indonesia dan Korea Selatan menjadi sebuah keharusan untuk mengurangi tantangan bersama," kata Edward.

Di sektor pertanian, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut menyatakan keberhasilan Korsel dalam hal swasembada beras bisa menjadi pembelajaran bagi Indonesia utamanya dalam teknologi pertanian.

“Kita Indonesia ini sedang menggalakkan pertanian sebagai pilar penopang pangan dalam masa pandemi. Saya kira tidak ada salahnya kita meminta ahli teknologi yang sudah mereka (Korsel) kembangkan,” kata Edward.

Lebih lanjut, Edward juga mengungkapkan harapannya agar Korsel dapat membuat kerja sama yang memungkinkan Warga Negara Indonesia (WNI) untuk berkunjung ke Korsel dengan bebas visa. Hal ini merupakan respons dari dibebaskannya warga negara Korsel berkunjung ke Indonesia tanpa visa.

“Saya sampaikan (wacana WNI bebas Visa ke Korsel) itu karena kalau seandainya ke (Korsel) sana bebas visa kan makin banyak orang kita yang belajar ke sana, ada peluang, kan mengurus visa ini merepotkan. Kita usulkan saja, sehingga nanti dubesnya bisa menyampaikan suatu masukan,” ujarnya.

Dubes Park Tae Sung juga mengundang Edward dan rombongan untuk makan malam. Dalam gala dinner tersebut, Park Tae Sung mengajak serta pegiat pertanian Korea Selatan dan berdiskusi dengan Edward beserta rombongan.

Tags : PKB , Edward Tannur , Park Tae Sung , Korea