Kunjungan Kerja ke Kaltim, Komisi XI DPR Soroti Pelaksanaan Program PEN

| Rabu, 20/04/2022 16:03 WIB
Kunjungan Kerja ke Kaltim, Komisi XI DPR Soroti Pelaksanaan Program PEN Fathan (Wakil Ketua Komisi XI DPR RI dari Fraksi PKB). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Komisi XI DPR RI melakukan kunjungan kerja reses ke Kalimantan Timur (Kaltim). Tim Kunker Komisi XI DPR yang dipimpin wakil ketua Komisi XI, Fathan menyoroti pelaksanaan program pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pasca pandemi COVID-19 di Kaltim yang tengah di lakukan mitra kerja Komisi XI DPR RI untuk mengurangi dampak COVID-19 terhadap perekonomian.

Saat ini, jelas Fathan, selain sebagai upaya untuk melakukan penyelamatan sektor kesehatan dengan fokus pada belanja untuk kesehatan, vaksinasi, dan pengendalian pandemi, pemerintah juga tengah memfokuskan program PEN terhadap pemulihan perekonomian nasional khususnya UMKM yang terdampak pandemi COVID-19.

“Selain penanganan untuk kesehatan pemerintah juga menjalankan program pen sebagai respon atas masyarakat yang terdampak pada ekonominya khususnya sektor informal atau UMKM,” kata Fathan dilansir dari laman resmi DPR RI, Rabu, 20 April 2022.

Untuk itu, tuturnya, Komisi XI DPR RI berupaya mendapatkan informasi dan gambaran pelaksanaan tugas mengenai pelaksanaan program PEN oleh mitra kerja terkait, khususnya dalam upaya memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur pasca pandemi COVID-19.

"Pada kesempatan ini kami ingin memperoleh informasi terkait dengan pelaksanaan tugas dari Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan beserta dari Kementerian Keuangan dan Bank himbara, lalu PT Askrindo dan PT Jamkrindo dalam melaksanakan kebijakan PEN dan implementasinya di provinsi Kalimantan Timur beserta indikator-indikatornya,” ujar Politisi PKB itu.

Berdasarkan laporan perekonomian didapat Komisi XI DPR RI pada Februari tahun 2022, pertumbuhan ekonomi di Kaltim diprediksi akan terus memperlihatkan proses pemulihan, dengan perkiraan pertumbuhan pada rentang 2,95-3,75 persen (yoy). Senada, seluruh mitra kerja Komisi XI yang hadir juga menyampaikan bahwa rangkaian program PEN dalam rangka pemulihan sektor ekonomi dan UMKM pasca pandemi COVID-19 yang diimplementasikan oleh masing-masing instansi di Kaltim telah berjalan dengan baik.

Tags : DPR RI , Kaltim , PEN , COVID-19 , Ekonomi