DPR Minta Satgas Perlindungan Data Cepat Selesaikan Masalah Kejahatan Siber

| Kamis, 15/09/2022 22:18 WIB
DPR Minta Satgas Perlindungan Data Cepat Selesaikan Masalah Kejahatan Siber Ketua DPR RI Puan Maharani (foto: dprgoid)

RADARBANGSA.COM – Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Data dapat menyelesaikan masalah kebocoran data dan kejahatan siber secara menyeluruh.

“Kami harapkan Satgas Perlindungan Data yang dibentuk pemerintah dengan melibatkan sejumlah kementerian/lembaga bisa menyelesaikan kasus-kasus kebocoran data secara menyeluruh. Jadi jangan hanya untuk menyelesaikan kebocoran data dari peretas Bjorka, tapi semuanya,” kata Puan Maharani dalam rilisnya, Kamis, September 2022.

Puan mengungkapkan, masalah kebocoran data sebenarnya kan sudah masif terjadi sebelum adanya berita viral peretas Bjorka. Menurutnya, kebocoran data tidak hanya menyangkut keamanan negara melainkan data warga juga.

“Masalah kebocoran data juga bukan hanya menyangkut keamanan negara, tapi juga sudah tidak terhitung lagi data pribadi warga yang dibocorkan,” ungkapnya.

Untuk itu, DPR RI mendorong agar Satgas Perlindungan Data melakukan investigasi besar-besaran. Mengingat, kata Puan, data-data masyarakat yang bocor menyangkut identitas pribadi.

“Kita tidak bisa hanya fokus pada data-data milik negara saja, tapi mengabaikan kebocoran data pribadi rakyat,” tegas Puan.

Tags : Puan Maharani , DPR , Persidangan IV DPR

Berita Terkait