Ketua DPR Harap Kerja Sama Indonesia-India Bawa Kemakmuran Bagi Kedua Negara

| Jum'at, 07/10/2022 22:36 WIB
Ketua DPR Harap Kerja Sama Indonesia-India Bawa Kemakmuran Bagi Kedua Negara Puan Maharani saat melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Lok Sabha India Om Birla di Komplek Parlemen, Jakarta (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, Indonesia dan Indonesia telah lama menjalin kerja sama. Kerja sama ini dilakukan sejak Presiden Soekarno dengan Perdana Menteri India, Jawaharlal Nehru.

Diketahui, Indonesia dan India telah membangun hubungan bilateral yang erat selama 73 tahun. Penandatanganan Treaty of Friendship menjadi dokumen tertulis pertama terkait hubungan diplomatik RI-India yaitu pada Maret 1951.

"Sebuah kehormatan bagi kami, DPR RI, menyambut kehadiran Yang Mulia. Saya berharap pertemuan ini dapat menjadi momentum yang tepat bagi kita untuk membahas berbagai kerja sama Indonesia dengan India," kata Puan Maharani saat melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Lok Sabha India Om Birla beserta tamu delegasi lain dari India, di sela-sela perhelatan G20 Parliamentary Speaker’s Summit (P20) di Komplek Parleman, Kamis, 6 Oktober 2022.

Dalam bidang sosial budaya, Puan Maharani mengapresiasi bahwa India dan Indonesia telah memiliki MoU serta kerja sama di bidang pertukaran budaya, kepemudaan dan olah raga termasuk bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Melalui pertemuan ini, saya berharap kerja sama yang telah terjalin antara India dan Indonesia ini dapat berjalan lancar sehingga dapat membawa kemakmuran bagi kedua bangsa," harap Puan.

Tags : Indonesia , India , Budaya , P20