Pemerintah Rampungkan 7 Bendungan di Jawa Timur

| Senin, 02/01/2023 22:49 WIB
Pemerintah Rampungkan 7 Bendungan di Jawa Timur

RADARBANGSA.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan 7 dari 8 bendungan di Provinsi Jawa Timur yang diprogramkan pembangunannya dari 2015 hingga 2024.

“Satu bendungan masih dalam konstruksi adalah Bendungan Bendungan Bagong di Kabupaten Trenggalek dengan kapasitas tampung 17,40 juta m3,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam rilisnya, Senin, 2 Januari 2023.

Menteri Basuki menjelaskan bahwa bendungan Bagong yang terletak di Desa Sumurup dan Sengon itu posisinya berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Kabupaten Trenggalek. Sementara, sumber air bendungan tersebut berasal dari Sungai Bagong dengan luas Daerah Aliran Sungai (DAS) 39,95 km2.

“Pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” kata Menteri Basuki.

Kemudian, kata Basuki, bendungan Bagong diproyeksi dapat mendukung kebutuhan air baku di Kecamatan Pogalan, Trenggalek, dan Bendungan sebesar 153 liter/detik.

“Dengan luas genangan 73,45 hektare, Bendungan Bagong juga berfungsi untuk mengurangi debit banjir Sungai Bagong sebesar 78,44% sekaligus konservasi DAS Bagong serta potensi pariwisata,” tukas Basuki.

Tags : bendungan , PUPR , Sumber Daya Air

Berita Terkait