Menlu Retno: Indonesia Tegaskan ASEAN Bersatu Selesaikan Krisis Myanmar

| Minggu, 05/02/2023 17:58 WIB
Menlu Retno: Indonesia Tegaskan ASEAN Bersatu Selesaikan Krisis Myanmar Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI). (Foto: twitter @Menlu_RI)

RADARBANGSA.COM - Indonesia menegaskan bahwa posisi Perhimpunan Bnagsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang bersatu untuk mengimplementasikan Konsesus Lima Poin dalam mengatasi krisis politik di Myanmar. Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers usai pertemuan menteri-menteri luar negeri ASEAN pada ASEAN Foreign Ministers Retreat (AMM), di Jakarta, Sabtu, 4 Februari 2023.

"Terkait isu Myanmar, menteri-menteri luar negeri ASEAN menegaskan kembali pendekatan bersama dalam implementasi Konsensus Lima Poin," ujar Retno seperti dilansir dari antaranews, Minggu, 5 Februari 2023.

Pernyataan itu seakan menjawab keraguan soal kapabilitas dan kredibilitas ASEAN dalam menjawab tantangan di kawasan. Sejumlah laporan media bahkan menyebut ASEAN tidak satu suara karena negara anggotanya memiliki pandangan berbeda dalam merespons isu Myanmar.

Namun Retno menegaskan bahwa ASEAN memiliki pendekatan dan sikap bersama dalam menangani situasi di Myanmar.  "Indonesia telah mengajukan dan merundingkan implementasi Konsensus Lima Poin. Rencana ini telah mendapat dukungan luas dari seluruh anggota," kata Retno. 

"Ini menunjukkan kesatuan yang kuat dari anggota ASEAN untuk mengimplementasikan Konsensus Lima Poin."

Konsensus Lima Poin adalah keputusan para pemimpin ASEAN setelah pertemuan khusus, yang juga dihadiri oleh pemimpin junta Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing, untuk membantu negara itu mengatasi krisis politiknya.

Tags : Menlu RI , ASEAN , Indonesia