Indonesia dan Timor Leste Komitmen Pengembangan Ekonomi di Perbatasan

| Senin, 13/02/2023 21:18 WIB
Indonesia dan Timor Leste Komitmen Pengembangan Ekonomi di Perbatasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor Leste Taur Matan Ruak melakukan pertemuan di Istana Bogor (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor Leste Taur Matan Ruak berkomitmen untuk mengintensifkan pembahasan mengenai pengembangan kawasan ekonomi di wilayah perbatasan kedua negara.

“Kita berkomitmen untuk mengintensifkan pembahasan mengenai pengembangan kawasan ekonomi di wilayah perbatasan antara NTT [Nusa Tenggara Timur] dan Oecusse,” kata Presiden Jokowi dalam keterangannya, Senin, 13 Februari 2023.

Presiden Jokowi juga menyambut baik komitmen Indonesia dan Timor Leste untuk meningkatkan konektivitas darat, antara lain melalui peluncuran perdana trayek bus rute Kupang-Dili. “Secara khusus, saya juga mendorong agar biaya logistik transportasi laut untuk kegiatan bisnis dapat diturunkan,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor Leste Taur Matan Ruak, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 13 Februari 2023. Pada pertemuan itu, pemerintah Indonesia dan Timor Leste menyepakati lima perjanjian kerja sama. 

Adapun lima perjanjian kerja sama tersebut adalah:
1. Memorandum Saling Pengertian Kerja Sama Pendidikan Tinggi.
2. Memorandum Saling Pengertian Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pertukaran Pengetahuan.
3. Memorandum Saling Pengertian Kerja Sama Teknik Perindustrian
4. Memorandum Saling Pengertian Kerja Sama Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.
5. Memorandum Saling Pengertian Kerja Sama Kawasan Ekonomi di Wilayah Perbatasan.

Tags : Indonesia , Timor Leste , Kerja sama Ekonomi