Pemerintah Bakal Perketat Uji Emisi Kendaraan Bermotor

| Senin, 14/08/2023 20:28 WIB
Pemerintah Bakal Perketat Uji Emisi Kendaraan Bermotor Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pemerintah bakal memperketat uji emisi kendaraan bermotor. Hal tersebut bagian dari upaya mengurangi emisi karbon yang dilepaskan oleh kendaraan konvensional.

Dijelaskannya, Kemenhub bersama Pemerintah Daerah dan Kepolisian akan secara rutin mengadakan uji emsisi terhadap kendaraan pribadi. Kendaraan yang tidak lolos uji emisi akan diberikan status tidak layak untuk melakukan perjalanan.

"Jadi nanti apabila kendaraan yang tidak lolos uji emisi mereka tidak memiliki hak untuk melakukan perjalanan di Jabodetabek," ujar Menhub dalam keterangan pers Peningkatan Kualitas Udara Kawasan Jabodetabek, Senin, 14 Agustus 2023.

Lebih lanjut Menhub menyampaikan, ke depan pemerintah akan memperbanyak titik uji emisi kendaraan agar lokasinya lebih mudah dijangkau oleh masyarakat. Kemudian setelah titik diperbanyak dan makin banyak kendaraan yang sudah melakukan uji emisi, maka tahap selanjutnya adalah memperkuat dari sisi penegakan hukum atau memberikan sanksi terhadap kendaraan yang tidak patuh terhadap kebijakan tersebut.

"Oleh karena itu, kami nanti bersama-bersama Pemda, bersama-sama juga dengan kepolisian melakukan law enforcement. jadi kita perbanyak tempat-tempat uji emisi tapi melakukan law enformcement," tukasnya.

Tags : Menteri Perhubungan , Emisi Karbon , Uji Emisi , Kendaraan

Berita Terkait