`Makassar International Eight Festival` Jadi Inspirasi Daerah Lain Hadirkan Event Kelas Internasional

| Kamis, 24/08/2023 22:55 WIB
`Makassar International Eight Festival` Jadi Inspirasi Daerah Lain Hadirkan Event Kelas Internasional Makassar International Eight Festival (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan festival F8 atau Makassar International Eight Festival and Forum 2023 telah berkembang dengan sangat pesat.

Terlebih, kata Sandiaga Uno, festival yang menghadirkan para pelaku ekonomi kreatif di Sulawesi Selatan seperti musik, fesyen, kuliner, dan seni pertunjukan tersebut telah masuk ke dalam kalender event Kemenparekraf, Kharisma Event Nusantara.

"F8 ini semakin hari semakin menjadi daya tarik wisata dan menjadi atraksi kelas dunia dan tentunya ini yang ingin kita tampilkan karena F8 ini sudah terpilih menjadi (bagian) Kharisma Event Nusantara," kata Menparekraf Sandiaga.

Menurutnya, F8 bisa menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain di Indonesia untuk menghadirkan event-event serupa. Sandiaga menilai kehadiran event berkelas internasional seperti F8 ini mampu menarik kedatangan wisatawan mancanegara (wisman).

"(F8 adalah) the best waterfront festival in the world. Ini akan menggerakkan pariwisata kita dan bisa mendorong terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar sekaligus Inisiator F8, Mohammad Ramdhan Pomanto mengungkapkan F8 bukan sekadar agenda tahunan Kota Makassar. Tetapi, F8 adalah wajah kemajuan peradaban Indonesia.

"F8 adalah globalisasi. Ide lokal yang sudah mengglobal, menjadi kebanggaan kita semua," tukas Mohammad Ramdhan.

Tags : Parekraf , Makassar International Eight Festival