Jamu Resmi Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

| Rabu, 06/12/2023 22:20 WIB
Jamu Resmi Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO ilustrasi ramuan jamu (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Masyarakat Indonesia patut berbangga dengan ditetapkannya Jamu sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) ke-13 dari Indonesia oleh UNESCO. Jamu dikenal luas di Nusantara sebagai minuman tradisional yang umumnya digunakan untuk obat.

Sidang ke-18 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage yang berlangsung di Kasane, Republik Botswana, Rabu (6/12/2023) pukul 16.30 WIB, resmi memasukkan Budaya Sehat Jamu atau Jamu Wellness Culture ke dalam Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity (Daftar Representatif Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan) UNESCO.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada UNESCO yang telah menetapkan jamu sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Penetapan ini akan memperkuat upaya Indonesia untuk melindungi dan mengembangkan jamu sebagai warisan budaya, serta berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan global," kata Nadiem Makarim dalam keterangan pers, Rabu, 6 Desember 2023.

Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, lanjut Nadiem, jamu mewakili hubungan yang mendalam, bermakna, dan harmonis antara manusia dengan alam.

"Jamu telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia selama berabad-abad," ujar Nadiem.

Nadiem menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap upaya pelestarian jamu sebagai budaya untuk kesehatan yang dilakukan berbagai pihak sejak lama.

"Terima kasih kepada seluruh pendukung budaya sehat jamu baik di dalam negeri maupun luar negeri, produsen, para peramu dan peracik, penjual, peneliti, komunitas, pengusaha, serta penikmat khasiat jamu yang telah bersama-sama menghidupkan ekosistem budaya kesehatan jamu seperti saat ini," tuturnya.

Tags : UNESCO , Jamu , Mendikbudristek , Warisan Budaya , Inodnesia

Berita Terkait