CSIS Rilis Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Capres-Cawapres

| Rabu, 27/12/2023 20:09 WIB
CSIS Rilis Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Capres-Cawapres KPU RI telah menetapkan nomor urut pasangan calon presiden-calon wakil presiden peserta Pilpres 2024. (Foto: KPU RI)

RADARBANGSA.COM - Lembaga Survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia merilis hasil survei terbaru elektabilitas pasangan calon (Paslon) peserta Pemilihan presiden (Pilpres) 2024, Rabu, 27 Desember 2023. Hasil survei disampaikan Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes.

Hasil survei terbaru menunjukkan, pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih unggul dari dua paslon lainnya, yakni 43,7 persen. Kemudian, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 26,1 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebesar 19,4 persen.

Dalam survei itu, lanjutnya, masih terdapat 6,4 persen pemilih yang mengaku rahasia dan belum menentukan pilihan, dan 4,5 persen yang mengaku tidak tahu/tidak jawab.
 
"Jadi ini peta yang kami dapatkan setelah debat pertama berlangsung. Ketiga calon masih ada waktu dan harapan untuk menentukan kerja politik, kedua situasi bisa aja ada perubahan tipis naik atau turun karena ada debat, jadi putaran debat masih ada 3 kali. Ketiga aktivitas mobilitas kampanye paslon," ujarnya.

CSIS merilis survei pilpres terkini Pasca Debat Calon Presiden yang dilaksanakan pada 12 Desember 2023. Polling dilaksanakan secara nasional dengan tatap muka pada 13-18 Desember 2024.
 
Metode yang digunakan adalah "multistage random sampling" yang mempertimbangkan proporsi antara jumlah pemilih dan jumlah sampel pada setiap provinsi, berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah saat survei dilakukan. Proporsinya jenis kelamin perempuan-pria dan wilayah urban-rural, dengan "primary sampling" unit berada pada level desa/kelurahan.
 
Jumlah sampel sebesar 1.300 orang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. "Margin of error";survei ini sebesar lebih kurang 2,7 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Tags : Survei , CSIS , Elektabilitas , Capres , Cawapres , Pilpres