Viral Oximeter Palsu, Ini Cara Bedakan Asli dan Palsu

| Selasa, 13/07/2021 15:16 WIB
Viral Oximeter Palsu, Ini Cara Bedakan Asli dan Palsu Oximeter (foto:alodokter.com)

RADARBANGSA.COM - Oximeter adalah salah sau alat kesehatan yang berguna untuk mengukur saturasi atau kadar oksigen dalam darah. Dalam situasi pandemi, oximeter dapat membantu orang yang sedang isoman Covid-19 untuk mengecek kadar oksigen secara berkala. Tingkat oksigen sebanyak 95 persen akan di nilai normal.

Alat kesehatan ini saat ini banyak menjadi inscaran masyarakat dan oximeter dapat dengan mudah dibeli di apotek, toko alat kesehatan atau marketplace lainnya. Namun, seiring dengan banyaknya permintaan, kini oximeter menjadi sulit ditemukan.

Bahkan saat ini sudah banyak pihak yang tidak bertanggungjawab menjual oximeter palsu. Sehingga pengguna harus berhati-hati ketika membeli oximeter palsu. Berikut ini cara memebdakan oximeter palsu dan asli.

1. Adanya video viral TikTok milik @glamscool yang menunjukkan cara membedakan oximeter asli dan palsu sempat menghebohkan masyarakat. Pada video tersebut, terlihat pensil dimasukkan ke dalam oximeter dan alat tersebut tetap menditeksi.

"Jadi, jika pensil sudah dimasukkan dan alat oximeter membaca sinyalnya, maka alatnya palsu." Diucapkan oleh pengunggah dalam Video tersebut.

Dokter spesialis paru Dilansir dari Komps.com Konsultan Onkologi di RSUD dr. Pirngadi Medan Dr. Moh Ramadhani Soeroso, M.Ked(Paru), Sp.P-K.Onk mengatakan, apa yang dijelaskan dalam video itu memang masuk akal.

2. Dilansir melalui Bisnis.com, masukan jadi Anda dan nyalakan oximeter. Jika panel pembaca menunjukkan grafik kenaikan dan penurunan denyut nadi di bawah pembacaan level Oksigen yang ditampilkan sebagai SPO2, maka gadget tersebut asli. Tetapi jika oksimeter hanya menunjukkan pembacaan kadar oksigen tanpa grafik denyut nadi di bawahnya, oximeter tersebut kemungkinan palsu.

3. Tes lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan memasukkan jari ke dalam oximeter, kemudian ikat seutas benang di pangkal jari telunjuk Anda sedikit erat, sehingga aliran darah ke jari melambat. Jika hasil dari Oximeter tersebut menjadi kurang maka oximeter tersebut asli. Sedangkan jika tidak, maka kemungkinan produk tersebut palsu.

Tags : Oximeter , Covid-19 , Isoman , Oksigen

Video Terkait