Menparekraf Ingatkan Pengelola Wisata Terkait Pengamanan Libur Nataru

| Rabu, 27/12/2023 23:01 WIB
Menparekraf Ingatkan Pengelola Wisata Terkait Pengamanan Libur Nataru Sandiaga Salahuddin Uno (Menparekraf RI). (Foto: twitter @Kemenparekraf)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengingatkan agar seluruh pengelola destinasi wisata untuk mempersiapkan teknis pengamanan mencegah potensi membludak-nya wisatawan saat berlangsungnya momen pergantian tahun.

"Kemarin sudah kami sampaikan kepada pengelola destinasi harus ekstra hati-hati," kata Sandiaga dikutip dari antaranews, Rabu, 27 Desember 2023.

Diungkapkannya, salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah penataan alur masuk dan keluar pengunjung, baik di area parkir kendaraan pengunjung hingga kawasan wisata.

Selain itu, terkait operasional wahana yang harus dipastikan berfungsi secara aman. "Seperti di Taman Mini Indonesia, di PIK kemarin 50 ribu dan 100 ribu tetapi itu bisa ditata dengan baik, pola manajemen yang baik bisa dilakukan," terangnya.

Beberapa lokasi pariwisata di Pulau Jawa yang berpotensi "banjir" kunjungan juga sudah dipetakan oleh Kemenparekraf. "Sudah terpantau dengan baik, bukan hanya Bromo, ada di Yogya, di Dieng Jawa Tengah, di Pantai Anyer," ujarnya.

Karena itu, pengelola kawasan pariwisata diminta berkoordinasi dengan pemerintah daerah, TNI, Polri setempat untuk membantu melakukan penataan, baik itu dari aspek lalu lintas, keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pengunjung.

"Ada juga yang perlu diwaspadai soal kondisi cuaca, maka semua imbauan sudah dituangkan dalam surat edaran untuk ditindak lanjuti oleh dinas pariwisata setempat," tukas Menparekraf.

Dia mengimbau seluruh masyarakat yang tinggal atau memiliki aktivitas sebagai penyedia jasa layanan wisata agar mengedepankan sikap sopan dan ramah kepada seluruh pengunjung.

Tags : Menparekraf RI , Pengamanan , Wisata , Libur , Indonesia