Investor Jepang Akuisisi 5% Saham RS Siloam

| Selasa, 25/02/2020 17:13 WIB
Investor Jepang Akuisisi 5% Saham RS Siloam Marubeni Corporation (Marubeni) akuisisi 5% saham RS Siloam (Foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Investor asal Jepang, Marubeni Corporation (Marubeni) memgumumkan pihaknya resmi bermitra dengan salah satu rumah sakit terkemuka di Indonesia, PT Siloam International Hospitals Tbk (RS Siloam). Kemitraan ini dinyatakan melalui penandatangan MOU oleh pihak Marubeni Corporation dan induk usaha RS Siloam yaitu PT Lippo Karawaci Tbk.

Sebelumnya, RS Siloam didirikan pada tahun 1996 dan merupakan operator rumah sakit swasta terbesar di Indonesia dengan lebih dari 13.000 dokter dan perawat, 36 rumah sakit, dan 7.557 tempat tidur di seluruh Indonesia.

Dalam keterangan resminya Senin 25 Februari 2020, dikatakan Korporasi Jepang ini akan mengakuisisi sekitar 5% saham RS Siloam. Marubeni mengatakan kemitraan ini dijalin agar pihaknya dapat berekspansi ke sektor kesehatan Indonesia serta untuk membuka peluang bisnis di infrastruktur kesehatan Indonesia dan layanan, termasuk investasi di bidang farmasi, lab dan industri.

Masayuki Omoto, Kepala Bagian Operasional Divisi Bisnis Generasi Selanjutnya Marubeni mengatakan pihaknya terbuka dan senang dengan adanya kemitraan strategis ini.

“Kami senang dapat meningkatkan kehadiran kami di Indonesia dan menantikan kemitraan jangka panjang dengan Lippo dan Siloam. Kami sangat senang dapat mengambil bagian dalam menumbuhkan dan meningkatkan sektor kesehatan di Indonesia. ”Demikian pernyataan yang tertera dalam keterangan resmi PT Lippo Karawaci.

Lebih lanjut, pihak Marubeni mengatakan pemilik saham di Siloam ini berasal dari pemegang saham minoritas. Sehingga kepemilikan PT. Lippo Karawaci atas Siloam tetap tidak berubah pasca akuisisi ini.

Kemitraan ini sekaligus memvalidasi posisi Siloam sebagai pemimpin pasar dalam sebagai salah satu pasar perawatan kesehatan yang paling menarik, kurang penetrasi dan paling cepat berkembang secara global.

Sementara itu Kepala Eksekutif Lippo Karawaci, John Riady mengatakan pihaknya juga senang dengan adanya respon positif dari pihak Marubeni.

“Kesehatan dan Siloam adalah bagian inti dari bisnis kami dan kami menyambut kemitraan dengan Marubeni. Kami berharap dapat terus mengembangkan bisnis dan meningkatkan perawatan kesehatan untuk semua orang Indonesia. "

Perlu diketahui, Marubeni adalah konglomerat bisnis perdagangan dan investasi terintegrasi terkemuka Jepang. Pada bulan April 2019, Marubeni mendirikan Divisi Pengembangan Bisnis Generasi Berikutnya dengan misi mengejar model bisnis baru yang memberikan solusi untuk masalah sosial, dan meningkatkan nilai perusahaan dalam jangka panjang menuju 2030. Investasi dalam Siloam dan kemitraan strategis dengan PT Lippo Karawaci Tbk akan membentuk landasan ekspansi Marubeni ke dalam infrastruktur dan layanan kesehatan di Indonesia.

Tags : Siloam , Marubeni , Lippo Karawaci

Berita Terkait