Menkeu Optmis Pertumbuhan Ekonomi 2021 di Kisaran 4,5% - 5,5%

| Selasa, 23/06/2020 11:22 WIB
Menkeu Optmis Pertumbuhan Ekonomi 2021 di Kisaran 4,5% - 5,5% Menteri Keuangan, Sri Mulyani (foto: Cahyo/kemenkeugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan, Sri Mulyani optimis jika proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2021 sampai di kisaran 4,5% s.d. 5,5%.

Menkeu menjelaskan bahwa meski semua anggaran kementerian/lembaga (K/L)  terpotong karena adanya realokasi dan refocusing, pemerintah akan mengamankan anggaran pertanian. Artinya, tidak akan dipotong. Hal tersebut dilakukan untuk bisa mengamankan jumlah produksi  pangan untuk tahun ini dan persiapan tahun 2021 yang diperkirakan akan terjadi musim kemarau yang lebih kering

“Progam ketahanan pangan maupun dari sisi perluasan untuk pembukaan lahan baru itu termasuk yang kita terus prioritaskan, tidak kita kurangi anggarannya,” jelas dalam laporan resminya, Selasa 23 Juni 2020.

Sebagaimana diketahui, saat ini penyebaran COVID-19 yang disertai pengurangan penyebaran melalui social distancing maupun penutupan aktivitas-aktiviras sosial ekonomi membuat ekonomi di seluruh dunia mengalami kontraksi yang cukup dalam.

“Kami ingin menyampaikan ini sebagai ilustrasi bahwa seluruh lembaga-lembaga yang melakukan forecasting pun mereka menghadapi situasi uncertainty sehingga seluruh forecast dari indikator-indikator bersifat sangat dinamis,” pungkasnya.

Tags : Ekonomi , Pertumbuhan , 2021