Mendag: Kehadiran NLE Percepat Lalu Lintas Ekspor Impor

| Kamis, 24/09/2020 16:01 WIB
Mendag: Kehadiran NLE Percepat Lalu Lintas Ekspor Impor Aktivitas Ekspor Impor di Tanjung Priok (Doc: Kemenperin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto menyambut baik program NLE (National Logistic System) yang dicanangkan oleh  Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Mendag menilai proses ini dapat mempercepat produktivitas ekspor- impor domestik.

“Penerapan NLE ini akan mempercepat proses ekspor impor. Proses ini akan memperlancar barang mulai dari kedatangan, sarana pengangkut, hingga barang keluar dari pelabuhan sampai ke gudang,” ungkapnya dalam Konferensi Virtual Ekosistem Logistik Nasional, Kamis 24 September 2020.

Mendag mengatakan peranan entitas logistik ini memang masih sangat dibutuhkan agar ekosistem logistik yang sedang berkembang saat ini dapat memberikan dampak yang maksimal.

“Sehingga munculnya penyedia platform digital baru di Indonesia ini sangat diharapkan,” ungkapnya.

Di sisi lain, Ia mengatakan jika pihaknya saat ini tengah berusaha menyederhanakan proses pelayanan perizinan terkait perdagangan internasional maupun domestik.

“Ini akan mengoptimalkan penerapan penerapan kebijakan lain di bidang perdagangan untuk mendukung efisiensi logistik nasional” jelasnya.

Kebijakan ini seperti penataan pergudangan serta berkerjasama dengan pemerintah daerah untuk menjagati pembangunan terminal terminal yang sesuai dengan kebutuhan,

“Terminal barang ini juga sangat penting untuk meningkatkan proses atau daripada produktivitas ekspor impor kita sehingga meningkatkan juga khususnya pada karantina bahan baku penolong ekspor,” tukasnya.

Tags : NLE , Ekspor Impor , Mendag , Bea Cukai

Berita Terkait