Ekonomi Asia Pasifik Diprediksi Tumbuh 6,3 Persen

| Minggu, 13/06/2021 09:51 WIB
Ekonomi Asia Pasifik Diprediksi Tumbuh 6,3 Persen Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

RADARBANGSA.COM - Pengamat memperkirakan bahwa perekonomian kawasan Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (Asia-Pacific Economic Cooperation/APEC) tumbuh 6,3 persen pada tahun ini. Adapun sepanjang 2020, ekonomi kawasan ini telah terkontraksi 1,9 persen.

"Ekonomi kawasan ini diperkirakan tumbuh sebesar 6,3 persen pada 2021 dengan perkiraan peningkatan kuat dalam aktivitas domestik dan global karena meningkatnya permintaan," kata Direktur Unit Dukungan Kebijakan APEC Denis Hew, dalam keterangan resmi seperti dikutip Sabtu 13 Juni 2021.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa pemerintah telah mempelajari cara-cara efektif untuk mengelola pandemi dan masyarakat juga telah belajar untuk beradaptasi dengan cara-cara baru dalam bekerja. Hal ini mengakibatkan pembukaan kembali dan dimulainya kembali kegiatan ekonomi secara bertahap.

Salah satu upaya yang digaris bawahi adalah pengembangan dan produksi berbagai vaksin yang hasilnya mampu meningkatkan optimisme terhadap pemulihan ekonomi.

Akan tetapi, tetap ada potensi ketidakpastian seirinh dengan munculnya virus varian baru. Hew mengingatkan bahwa sepanjang pandemi covid-19 berlangsung, jumlah pengangguran, hingga inflasi bergerak ke arah yang lebih lebih.

Tak hanya itu, kelemahan dalam investasi juga diproyeksikan berlanjut hingga 2021 sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan.

“Laporan ini mengingatkan bahwa pemulihan yang tidak merata di wilayah tersebut sebagian besar terkait dengan perbedaan akses dan ketersediaan vaksin,” katanya.

Tags : Ekonomi Asia Pasifik , Ekonomi

Berita Terkait