Harga PCR Mulai Rp 495 Ribu, Disebut Yang Termurah Se Asia Tenggara

| Selasa, 24/08/2021 12:13 WIB
Harga PCR Mulai Rp 495 Ribu, Disebut Yang Termurah Se Asia Tenggara Seorang petugas kesehatan melakukan tes swab PCR di Chennai, India. (Foto: Arun SANKAR/AFP)

RADARBANGSA.COM - Penurunan harga swab test PCR di Indonesia diklaim menjadi salah satu yang termurah di Kawasan Asia Tenggara. Harga Test PCR kini ditetapkan mulai Rp 495 ribu sampai Rp 525 ribu.

Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyebutkan, harga tes PCR di Indonesia kini menjadi yang termurah kedua di Asia Tenggara setelah Vietnam.

"Dari sisi harga tes PCR ini kita termurah kedua setelah Vietnam dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya," kata Nadia dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden beberapa waktu lalu.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, di beberapa negara Asia Tenggara harga Test PCR masih dipatok mahal. Di Thailand harga Test PCR dipatok di kisaran Rp 1.300.000 sampai Rp 2.800.000, begitupula di Singapura yang mematok Rp1.500.000.

Sementara di India, Test PCR mendapatkan subsidi penuh oleh pemerintah negaranya. Begitupula dengan alat swab test PCR, reagen yang digunakan hingga obat-obatan yang diproduksi dalam negeri bollywood itu sendiri. Sehingga tidak mengherankan, tarif swab test PCR di negeri tersebut jauh lebih murah dari Indonesia dan bahkan negara-negara berkembang lainnya.

Tidak seperti di India, m Indonesia masih terkendala bahan baku impor test PCR sehingga harganya tidak bisa lebih rendah.

"Karena tes PCR kita masih impor termasuk bahan bakunya juga, sebagian besar juga impor," kata Nadia

Tags : Test PCR , Harga PCR

Berita Terkait