Wapres Pastikan Fenomena Kenaikan Harga Bahan Pokok Saat Ramadan Hanya Sementara

| Rabu, 01/03/2023 18:30 WIB
Wapres Pastikan Fenomena Kenaikan Harga Bahan Pokok Saat Ramadan Hanya Sementara Ilustrasi bahan pokok di pasar tradisional. (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin memastikan fenomena kenaikan harga bahan pokok saat bulan Ramadan hanya bersifat sementara. Pernyataan tersebut merespon keluhan masyarakat terkait kenaikan bahan pokok menjelang Ramadan tahun ini.

"Kalau (kenaikan) harga itu, fenomenanya hanya karena Ramadan kemudian ada kenaikan, saya kira itu sifatnya sementara. Namun kalau yang sifatnya itu akibat kelangkaan itu sebenarnya pemerintah sudah melakukan langkah-langkah," ujar Kiai Maruf dikutip dari okezone.com, Rabu, 1 Maret 2023.

Wapres pun memastikan kenaikan harga bahan pokok menjelang Ramadan merupakan fenomena yang wajar seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat. "Biasanya memang menjelang Ramadan itu suka ada naik, tapi jangan sampai naiknya itu tentu melampaui kewajaran. Itu fenomena Ramadan seperti itu," katanya.

Menurut Wapres, kenaikan harga tersebut akibat adanya kurang pasokan namun permintaan masyarakat yang tinggi. "Bisa saja itu karena memang di suatu daerah kurang pasokan," tuturnya.

Wapres juga menegaskan pemerintah melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) sudah melakukan antisipasi agar tidak terjadi kenaikan harga dan kelangkaan bahan pokok. "Nah ini sekarang sebenarnya oleh pemerintah sudah diantisipasi melalui upaya-upaya penanggulangan itu apa namanya inflasi ya," tandasnya.

Tags : Wapres , Ramadan , Bahan Pokok , Harga , Inflasi