ADB Pertahankan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Emerging Asia Pasifik Capai 4,8% Tahun Ini

| Kamis, 20/07/2023 09:19 WIB
ADB Pertahankan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Emerging Asia Pasifik Capai 4,8% Tahun Ini Pemandangan Ibu Kota Indonesia di Sore Hari (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Asian Development Bank (ADB) mempertahankan proyeksi pertumbuhannya bagi perekonomian yang sedang berkembang di Asia dan Pasifik sebesar 4,8% tahun 2023 seiring masih kuatnya permintaan domestik sehingga mendukung pemulihan kawasan ini.

Kepala Ekonom ADB Albert Park mengatakan inflasi kawasan ini diperkirakan akan terus mereda sehingga mendekati tingkat sebelum pandemi. "Ini seiring turunnya harga bahan bakar dan pangan," kata Albert dalam Asian Development Outlook (ADO) Juli 2023, seperti dikutip Kamis 20 Juli 2023.

Inflasi di kawasan Asia yang sedang berkembang diperkirakan sebesar 3,6% pada tahun ini, dibandingkan dengan prakiraan 4,2% yang diberikan April lalu.

"Sementara itu, proyeksi inflasi untuk 2024 dinaikkan menjadi 3,4% dari perkiraan sebelumnya 3,3%," ujar Albert. 
 
Pembukaan kembali Republik Rakyat Tiongkok (RRT) telah memperkuat pertumbuhan kawasan ini. Perekonomian RRT diproyeksikan akan tumbuh 5,0% tahun ini, tidak berubah dari prakiraan April lalu, di tengah kuatnya permintaan domestik di sektor jasa. 

Namun, terjadi perlambatan permintaan ekspor barang elektronik dan barang manufaktur lainnya dari kawasan Asia yang sedang berkembang, seiring pengetatan moneter yang menyebabkan kemerosotan kegiatan ekonomi di berbagai perekonomian maju. Prakiraan pertumbuhan kawasan ini untuk tahun depan direvisi turun tipis menjadi 4,7% dari perkiraan 4,8% pada April lalu.

“Asia dan Pasifik masih terus pulih dengan stabil dari pandemi.Permintaan domestik dan kegiatan jasa mendorong pertumbuhan, sementara banyak perekonomian juga diuntungkan dari pemulihan pariwisata yang kuat. Namun, kegiatan industri dan ekspor masih tetap lemah, ditambah lagi memburuknya proyeksi pertumbuhan global dan permintaan tahun depan," jelas Albert. 

ADB mempertahankan prakiraan pertumbuhannya bagi sebagian besar subkawasan di Asia dan Pasifik. Pengecualiannya mencakup Asia Tenggara, yang proyeksinya diturunkan menjadi 4,6% tahun ini dan 4,9% tahun depan, dibandingkan dengan perkiraan yang diberikan April lalu masing-masing sebesar 4,7% dan 5,0%. Prakiraan bagi Kaukasus dan Asia Tengah pada 2023 juga direvisi turun secara tipis menjadi 4,3% dari sebelumnya 4,4%, dan untuk 2024 menjadi 4,4% dari sebelumnya 4,6%.

Tags : ADB , Asia Pasifik , Emerging Market

Berita Terkait