TikTok Janji Tak Gunakan Sistem Perdagangan Cross Border

| Rabu, 26/07/2023 17:21 WIB
TikTok Janji Tak Gunakan Sistem Perdagangan Cross Border Apliksi TikTok (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Platfom media sosial sekaligus e-commerce asal China, TikTok memastikan tidak akan memberlakukan sistem perdagangan cross border dalam platform digitalnya demi melindungi pelaku usaha di dalam negeri khususnya UMKM.

"Kami pastikan bahwa inisiatif bisnis cross border tidak ada di Indonesia, apa yang berhasil di Inggris belum tentu berhasil di Indonesia dan sebaliknya. Dari awal kami mulai operasi di Indonesia bisnis cross border tidak dibuka," ujar Anggini Setiawan, Head of Communications TikTok Indonesia seperti dikutip, Rabu 26 Juli 2023.

Dia menyebut belakangan ini terjadi miss persepsi di masyarakat terkait dengan isu perdagangan lintas batas negara terutama dari China dan Indonesia yang difasilitasi melalui aplikasi TikTok. Menurutnya di Indonesia sistem perdagangan lintas batas ini tidak akan diaktifkan sebagaimana yang terjadi di Inggris dengan nama Project S TikTok.

Anggi menyadari bahwa apabila sistem perdagangan lintas batas negara diaktifkan di Indonesia akan merugikan dan mematikan UMKM nasional. Sementara perekonomian nasional mayoritas ditopang oleh sektor usaha informal tersebut.

TikTok menurutnya juga enggan memproduksi produk sendiri ataupun menjadi perusahaan whole saller. Dipastikan TikTok akan mendukung upaya pemerintah untuk mendorong peningkatan skala ekonomi UMKM di dalam negeri sebagai mana misi pemerintah untuk mendorong 30 juta UMKM masuk dalam ekosistem digital.

"Kami tegaskan sekali lagi dan kita luruskan pemberitaan yang ada, kami tidak ada inisitasif untuk itu termasuk cross border," lanjutnya.

Tags : Tiktok , Cross Border

Berita Terkait