Musim Panen, Stok Beras Dipastikan Tercukupi

| Senin, 16/10/2023 06:55 WIB
Musim Panen, Stok Beras Dipastikan Tercukupi Produksi Padi RI Menurun Sepanjang 2019 (Foto: Detik Finance)

RADARBANGSA.COM - Plt Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi mengungkapkan panen masih terjadi di banyak lokasi di tanah air dan memberi kepastian produksi beras akan terus tercukupi. Plt Mentan menyebut Kementerian Pertanian saat ini terus memacu produksi beras nasional, agar kecukupan stok beras dipastikan aman dan terkendali.

“Presiden Jokowi sangat senang bahwa beras benar-benar aman. Bahkan beliau melihat sendiri panen di sentra produksi Indramayu ini memperlihatkan fakta yang menggembirakan,” Jelas Arief dalam keterangan tertulis, Senin 16 Oktober 2023.

Arief menambahkan bahwa produksi per hektar sangat baik dan harga gabah menguntungkan bagi petani.

“Cuaca Eln Nino ini memang cukup berat bagi produksi beras, tapi lokasi sentra seperti Indramayu ini masih bagus produksinya. Rata-rata produktifitas nya diatas 8 ton per hektar. Kami akan terus berkonsentrasi pada peningkatan produksi menghadapi masa tanam ini,” tambahnya.

Selanjutnya, Arief juga mengatakan panen dalam negeri masih terus berlangsung di beberapa wilayah, dan hal ini memberi sinyal positif bagi kecukupan stok pangan. Berdasarkan Kerangka Sampel Area (KSA) BPS amatan Agustus 2023, diproyeksikan luas panen September 789.854 ha, luas panen Oktober 725.760 ha, dan luas panen November 528.345 ha.

 

Tags : Panen , Beras

Berita Terkait