Bapanas Sebut Amankan Cadangan Beras Pemerintah Sebesar 1,3 Juta Ton

| Senin, 13/11/2023 22:02 WIB
Bapanas Sebut Amankan Cadangan Beras Pemerintah Sebesar 1,3 Juta Ton Kepala Badan Pangan, Arief Prasetyo Adi. (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) telah mengamankan 1,3 juta ton stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) per 13 November 2023 dengan 912,5 ribu ton di antaranya berasal dari pengadaan dalam negeri.

"Selanjutnya total CBP yang telah disalurkan mencapai 2,1 juta ton dalam berbagai bentuk program antara lain SPHP 885 ribu ton, bantuan pangan beras tahap pertama 640 ribu ton, bantuan pangan beras tahap kedua 537 ribu ton, golongan anggaran 69 ribu ton, dan tanggap darurat 2,3 ribu ton," kata Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi di Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Arief menegaskan bahwa tugas Bapanas adalah melakukan kalkulasi kebutuhan stok nasional secara komprehensif dan memastikan ketersediaan telah tercukupi atau diperlukan pasokan dari sumber lainnya. Lalu apabila terlihat ada gejolak harga di masyarakat, Bapanas akan menggelontorkan stok dalam bentuk intervensi pemerintah dan bantuan pangan beras untuk menekan harga.

"CBP di akhir tahun ini kami targetkan dapat terjaga di 1,2 juta ton. Kami juga akan siapkan untuk menyerap hasil dalam negeri pada saat panen raya yang kemungkinan ada di Mei dan Juni tahun depan. Ini karena produksi dalam negeri harus menjadi nomor satu untuk penguatan ketersediaan stok," ungkap Arief.

Ada kemungkinan, tuturnya, masa panen raya mundur menjadi pada Mei dan Juni, karena masa tanam yang terlambat akibat kemarau. Namun, ia mengaku tetap optimis produksi dalam negeri dapat memperkuat CBP. 

"Jadi 70 persen untuk tanaman padi itu ada di semester pertama, lalu semester kedua itu sisa panen. Dengan itu, semester pertama panen harus berhasil, mulai dari bibitnya, benihnya, dan sumber airnya. Kita semua tentu ingin sumber CBP diperkuat dari dalam negeri agar para petani terus termotivasi berproduksi," tandasnya.

Tags : Bapanas , Cadangan Beras Pemerintah , Panen , Indonesia

Berita Terkait