Ridwanul Muhajir: Gus Dur Rujukan Paradigma Politik Era Milenial

| Jum'at, 14/12/2018 22:38 WIB
Ridwanul Muhajir: Gus Dur Rujukan Paradigma Politik Era Milenial KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

 

PANDEGLANG, RADARBANGSA.COM - Politisi muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pandeglang, Banten, Ridwanul Muhajir menilai sosok KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur merupakan rujukan gaya politik di era milenial.

"Generasi milenial memang bukan generasi yang hidup semasa dengan Gus Dur. Akan tetapi, etika dan nilai-nilai beliau bisa kita terapkan kapan saja, sehingga tetap relevan untuk menjadi rujukan paradigma gaya politik era milenial," kata Ridwanul Muhajir kepada radarbangsa.com, Jumat 14 Desember 2018. 

Menurut caleg DPRD Kabupaten Pandeglang Dapil 2 ini, perkembangan teknologi dan media sosial yang menghadapkan generasi milenial pada kebebasan yang luar biasa dan nyaris tanpa batas sepatutnya tidak menghilangkan nilai-nilai luhur para pendahulu termasuk nilai-nilai toleransi yang pernah ditanamkan Gus Dur.

"Nilai toleransi yang ditanamkan Presiden ke-4 RI itu amat luar biasa karena mampu menyatukan keberagaman umat agama. Sayangnya, nilai luhur tersebut cenderung dilupakan seiring dengan semakin bebasnya ruang berpendapat di media sosial," tambahnya.

Meskipun, lanjutnya, Gus Dur dikenal sebagai sosok yang unik dan aneh. Pemikirannya yang sulit untuk ditafsirkan, tetapi perlu diketahui tujuan dari pemikirannya jelas semata-mata untuk kemaslahatan umat dan rakyat Indonesia.

Tags : Gus Dur , Politik , Milenial ,

Berita Terkait