Gelaran Muktamar Sastra 2018 Harus Diapresiasi

| Rabu, 19/12/2018 22:43 WIB
Gelaran Muktamar Sastra 2018 Harus Diapresiasi Lukman Hakim Syaifuddin (Menteri Agama RI).

SITUBONDO, RADARBANGSA.COM - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin membuka Muktamar Sastra 2018 di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi`iyah Situbondo, Jawa Timur, Rabu 19 Desember 2018.

"Inisiatif komunitas pesantren untuk menyelenggarakan Muktamar Sastra ini patut diapresiasi karena semakin menegaskan peran pesantren dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia," kata Menag Lukman dilansir kemenaggoid.

Menurut Menag, muktamar tesebut strategis dalam konteks keprihatinan terhadap surutnya kualitas relasi agama dan budaya di Indonesia. Muktamar juga menjadi bentuk kepedulian warga pesantren untuk memberikan kontribusi kebangsaan dari perspektif dunia sastra. 

"Saya amat meyakini bahwa karya sastra pada dirinya memiliki karakter sintesis yang mampu menyatukan beragam tradisi yang berbeda. Karakter sintesis tersebut saat ini amat diperlukan dalam konteks menata kehidupan masyarakat Indonesia yang plural dan multikultural,"

Karya sastra, lanjut Menag, juga memiliki watak keleluasaan untuk menyuarakan suara arus bawah, melawan ketidakadilan, dan melawan korupsi.

Tags : Muktamar Sastra 2018 ,

Berita Terkait