Ajak Masyarakat Proaktif Awasi DPRD Jember, SBA: Agar Tak Masuk Angin

| Kamis, 28/11/2019 19:11 WIB
Ajak Masyarakat Proaktif Awasi DPRD Jember, SBA: Agar Tak Masuk Angin Syaiful Bahri Anshori (Ketua DPC PKB Kabupaten Jember). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Jember, Syaiful Bahri Anshori (SBA) mengimbau masyarakat Jember agar proaktif mengawasi jalannya tahapan di DPRD Kabupaten Jember. Hal itu menanggapi wacana interpelasi atas permasalahan yang sedang mengemuka di daerah tersebut menyusul teguran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Bupati Jember.

"Jangan lupa dan lengah. Masyarakat Jember harus terus mengawasi keinginan DPRD untuk melaksanakan haknya. Jangan sampai masuk angin," kata SBA dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 28 November 2019.

Baca Juga: Harlah FPKB ke-20, Syaiful: Momen Perkuat SDM dan Perekonomian Rakyat

Ditegaskannya, keinginan DPRD Jember untuk menggunakan hak interpelasinya dalam menyikapi polemik tersebut sebagai sikap yang niscaya dilakukan. Setidaknya, lanjut Anggota DPR RI Fraksi PKB itu, agar tidak menimbulkan keraguan publik.

"Kalau surat itu betul dari Kemendagri, tentu harus disikapi oleh lembaga-lembaga terkait seperti DPRD Jember," ujarnya.

Dia menilai, jika memang ada indikasi pelanggaran hukum, maka menurutnya perlu aparat penegak hukum seperti Kejaksaan maupun kepolisian proaktif. Sehingga proses hukum dan politik bisa berjalan seiring.

"Ketua DPRD Jember kan dari PKB, sudah turut mendorong agar DPRD menggunakan hak interpelasi," tegasnya.

Baca Juga: Syaiful Bahri Anshori Ingatkan Peran Pemuda Dalam Memajukan Bangsa

Sebelumnya, Komisi Aparatus Sipil Negara (KASN) melayangkan surat teguran untuk Bupati Jember terkait mutasi jabatan di lingkungan Pemkab Jember. Kemudian, Kemendagri juga melayangkan surat teguran tertanggal 11 November 2019. 

Tags : Syaiful Bahri Anshori , DPRD Jember , Hak Interpelasi

Berita Terkait