238 WNI Berhasil Dievakuasi dari Wuhan, Komisi I DPR Apresiasi Pemerintah

| Senin, 03/02/2020 17:51 WIB
238 WNI Berhasil Dievakuasi dari Wuhan, Komisi I DPR Apresiasi Pemerintah Abdul Kharis Almasyhari (Wakil Ketua Komisi I DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengapresiasi keberhasilan Kementerian Luar Negeri RI bersama Kementerian Pertahanan, TNI dan Kementerian Kesehatan, serta semua stakeholder yang telah berhasil mengevakuasi 238 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Tiongkok, pasca wabah virus Corona.

“Alhamdulillah, Kemenlu bersama beberapa stakeholder berhasil membawa pulang WNI yang berada di Tiongkok, kembali ke Tanah Air, semua pihak bekerja keras dan kita harus berikan apresiasi, ini menunjukkan bahwa kita tidak akan meninggalkan WNI kita. Negara hadir dan berusaha semaksimal mungkin,” kata Kharis sepeti dilansir dari laman dpr.go.id, Senin, 3 Februari 2020.

Baca Juga: Komisi I DPR Terima Kunjungan Dubes Australia, Perkuat Hubungan Bilateral

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyampaikan bahwa Komisi I DPR RI mendukung penuh semua langkah lanjutan terkait penggunaan pangkalan militer Indonesia di Kepulauan Natuna untuk karantina sementara WNI sesuai aturan Internasional sebagai upaya memulangkan WNI kita ke Tanah Air.

“Sebagaimana dijelaskan Panglima TNI, pangkalan militer Natuna memiliki fasilitas rumah sakit yang mumpuni dengan letak rumah sakit di pangkalan militer yang tak jauh dari hanggar. Rumah sakit itu juga mampu menampung hingga 300 orang yang Jarak pangkalan militer dengan pemukiman warga, berkisar 6 kilometer dan saya beserta sejumlah Anggota Komisi I DPR RI sudah pernah kesana dan itu benar adanya,” terangnya.

Kharis juga mengingatkan kementerian terkait untuk menjaga dan memastikan sterilisasi kawasan sehingga kepulangan WNI menjadi kabar baik untuk Indonesia dan khususnya keluarga. “Kita harapkan semua WNI dan petugas yang menyertai berhasil melalui hari-hari observasi dan kembali bersama keluarga tanpa kurang apapun, sehat dan kuat, Insya Allah,” tutupnya.

Baca Juga: Komisi I DPR Minta KPI Optimalkan Pengawasan Konten Siaran

Sebelumnya, pesawat yang membawa 238 WNI dari Wuhan, China sudah mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam, Minggu pagi. Setibanya di Batam, mereka pun langsung diterbangkan ke Pulau Natuna dengan menggunakan pesawat yang disiapkan TNI AU, masing-masing adalah Hercules A -1315 dan dua Boeing AI 7304 dan A 7306. Selanjutnya, para WNI tersebut akan menjalani masa karantina di Natuna selama 14 hari ke depan.

Tags : DPR RI , Kemlu RI , WNI , Virus Corona