Wapres Maruf Amin Optimis Indonesia Jadi Negara Produsen Halal Terbesar di Dunia

| Kamis, 03/06/2021 17:37 WIB
Wapres Maruf Amin Optimis Indonesia Jadi Negara Produsen Halal Terbesar di Dunia KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin optimis Indonesia dapat menjadi negara produsen halal terbesar di dunia dengan berbagai potensi serta dukungan pemerintah. Adapun dukungan pemerintah tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan bidang Jaminan Produk Halal.

"Melihat berbagai potensi yang kita miliki ditambah dukungan pemerintah, saya optimis Indonesia mampu menjadi produsen produk halal terbesar di dunia dalam waktu mendatang," kata Kiai Maruf saat membuka Indonesia Industrial Moslem Exhibtion (ii Motion) secara daring dari Jakarta, Kamis, 3 Juni 2021.

Disampaikannya, pemerintah juga mendukung dengan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 dengan empat strategi utama yang telah ditetapkan. "Pertama, penguatan rantai nilai halal yang terdiri atas industri makanan dan minuman halal, pariwisata halal, fesyen muslim, media dan rekreasi halal, farmasi dan kosmetik halal, serta energi terbarukan," terangnya seperti dikutip dari antaranews.com.

Adapun tiga strategi lainnya yakni penguatan di sektor keuangan syariah, penguatan usaha mikro, kecil dan menengah, serta pemanfaatan dan penguatan ekonomi digital. Tak hanya itu, Wapres mengatakan bahwa jumlah umat muslim dunia mencapai 1,9 miliar jiwa menurut data World Population Review, dan Indonesia termasuk sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar.

"Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi pasar besar bagi produk muslim. Kita tentu sangat ingin Indonesia juga menjadi produsen dan eksportir produk halal terbesar di dunia," tutur Kiai Maruf.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Produsen Halal , Indonesia