Presiden Jokowi Pimpin Ratas Bahas Persiapan Piala Dunia U20 Tahun 2023

| Kamis, 08/09/2022 20:08 WIB
Presiden Jokowi Pimpin Ratas Bahas Persiapan Piala Dunia U20 Tahun 2023 Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah terus membahas persiapan Indonesia menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20 Tahun 2023 yang rencananya akan digelar pada Mei-Juni 2023 mendatang.

“Tadi baru saja diadakan rapat kabinet  terbatas yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden membahas tentang persiapan Indonesia menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20 Tahun 2023 yang akan datang,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali usai mengikuti Ratas yang dipimpin Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 8 September 2022.

Zainudin mengungkapkan, di dalam Ratas Presiden Jokowi meminta jajaran terkait untuk memastikan kesiapan mulai dari infrastruktur hingga peralatan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh FIFA. “Bapak Presiden menginstruksikan kepada kami menteri-menteri terkait untuk segera melakukan langkah-langkah memenuhi apa yang dikehendaki oleh FIFA,” ujarnya.

Menurut Zainudin, pihak FIFA mengapresiasi komitmen yang ditunjukkan Indonesia baik pusat dan daerah untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20. Pemerintah telah menandatangani sejumlah surat jaminan terkait penyelenggaraan kompetisi sepak bola internasional ini.

“Ini kan tempatnya ada di enam provinsi, nah komitmen yang disampaikan oleh baik itu gubernur maupun bupati/wali kota sebagai host city agreement itu juga diapresiasi dengan baik oleh FIFA,” imbuhnya.

Piala Dunia FIFA U-20 2023 direncanakan akan digelar di enam provinsi sebagai, yaitu di DKI Jakarta, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Rapat Dewan FIFA pada tanggal 24 Oktober 2019 lalu di Shanghai, Cina memutuskan bahwa Indonesia ditunjuk sebagai negara tuan rumah untuk pelaksanaan Piala Dunia FIFA U-20 Tahun 2021. Namun karena situasi pandemi COVID-19 yang melanda dunia, penyelenggaraan kompetisi ini ditunda sampai ke tahun 2023.

Tags : Ratas , Piala Dunia U20 , Indonesia

Berita Terkait