Lewat Pendekatan Gizi Spesifik, Pemerintah Kejar Target Penurunan Stunting

| Rabu, 07/12/2022 17:52 WIB
Lewat Pendekatan Gizi Spesifik, Pemerintah Kejar Target Penurunan Stunting Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono (Foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus mengejar target penurunan stunting hingga 14 persen pada 2024 dengan melakukan intervensi pendekatan gizi spesifik.

“Pendekatan gizi spesifik ini akan mendampingi pendekatan gizi sensitif. Pendekatan gizi spesifik ini berkaitan dengan evaluasi dan pendekatan masalah gizi pada sasaran intervensi yang diberikan kepada 1000 Hari Pertama Kehidupan, bayi, anak, remaja putri, calon pengantin, ibu hamil dan ibu melahirkan,” ujar Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono dalam rilisnya, Rabu, 7 Desember 2022.

Dante menjelaskan bahwa Pendekatan spesifik dilakukan untuk melihat faktor risiko kemungkinan stunting di kemudian hari dan dilakukan intervensi di sektor kesehatan. Sementara intervensi sensitif dilakukan melalui berbagai kerjasama lintas sektor dan menyasar pada kelompok umum.

“Penguatan intervensi spesifik dalam percepatan stunting yang akan kita kejar menjadi 14% pada tahun 2024. Kita punya waktu hanya 2 tahun lagi sebelum akhirnya kita mencapai target stunting menjadi 14% di 2024,” jelasnya.

Sebagai informasi, Kemenkes telah memetakan ada 12 provinsi prioritas stunting yang telah mencapai penurunan yang signifikan. Tetapi ada 7 provinsi yang masih tinggi proyeksi stuntingnya dan ini membutuhkan estimasi jumlah kasus stunting per provinsi yang lebih spesifik dan lebih real datanya.

Tags : Kasus Stunting

Berita Terkait