KAI Jamin 100% Keselamatan Pengguna LRT Jabodebek

| Selasa, 17/01/2023 19:01 WIB
KAI Jamin 100% Keselamatan Pengguna LRT Jabodebek LRT Jabodebek. (Foto: twitter @kabarpenumpang)

RADARBANGSA.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengklaim tingkat keselamatan moda transportasi LRT Jabodebek mencapai 100%. Hal tersebut ditegaskan Kepala Divisi LRT Jabodebek, Mochammad Purnomosidi di LRT Jabodebek, Jati Mulya, Bekasi, Selasa, 17 Januari 2023.

"Keterjaminan keselamatan (LRT Jabodebek) di atas 100 persen," ujarnya dikutip dari okezone.com.

Diterangkannya, keterjaminan keselamatan tersebut lantaran LRT Jabodebek telah melakukan berbagai safety prosedur. "Jadi sudah melalui tahapan-tahapan safety. Kita tidak berani menjalankan kereta kereta ini, menungggu safety assessment yang dikeluarkan dari Departemen safety Siemens dari Spain," terangnya.

Adapun, LRT Jabodebek akan dioperasikan menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3.

Sistem CBTC adalah sistem pengoperasian kereta berbasis komunikasi, sehingga sistem dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis dari pusat kendali operasi serta tanpa masinis.

Sementara itu, Manager Public Relation LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan bahwa safety yang ada di LRT Jabodebek lebih proper dibandingkan transportasi lainnya. "Yang jelas lebih safety dibandingkan kereta-kereta yang sudah ada atau transportasi lainnya. Karena semuanya sudah dijamin oleh sistem. Untuk operasional nya sendiri itu mengacu pada satu sistem keselamatan, selain itu, ada beberapa sistem keselamatan lainnya," katanya.

Adapun saat ini progres pembangunan proyek LRT Jabodebek telah mencapai 88,4%. LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi pada Juli 2023.

Tags : KAI , LRT Jabodebek , Keamanan , CBTC