Komisi V DPR Dorong Kemendesa PDTT Tingkatkan Penganggaran Desa Wisata

| Selasa, 30/05/2023 19:00 WIB
Komisi V DPR Dorong Kemendesa PDTT Tingkatkan Penganggaran Desa Wisata Lanskap Pesona Keindahan Bukit Matang Kaladan di Desa Wisata Tiwingan Lama. (Foto: shutterstock/mmr4077).

RADARBANGSA.COM – Komisi V DPR RI melakukan rapat kerja dengan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Raker tersebut membahas evaluasi Pelaksanaan APBN Tahun 2023, Hasil Pemeriksaan BPK RI Semester I Tahun 2022 dan Pembicaraan Pendahuluan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-K/L) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun Anggaran 2024.

Dalam kesempatan itu, Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras mendorong Kemendes PDTT untuk meningkatkan penganggaran program wisata desa, khususnya pasca pandemi Covid-19 yang sempat melanda Indonesia dan dunia pada tiga tahun terakhir belakangan ini.

“Terkait dengan program 2024, ya tentu sama-sama kita ketahui bahwa program yang kemarin yang sudah berjalan sudah cukup baik seperti misalnya penganggaran untuk wisata desa ini pasca pandemi ini kan perlu ditingkatkan lagi sehingga betul-betul kegiatan desa itu bisa lebih produktif,” kata Aras.

Tak hanya itu, Aras juga mengingatkan Kemendes PDTT untuk melakukan perbaikan fasilitas-fasilitas. Termasuk, salah satunya perbaikan pasar desa.

“Dengan masuknya pasar-pasar modern jangan sampai membuat pasar desa menjadi ditinggalkan sehingga pasar desa dapat berperan sentral untuk bisa meningkatkan pendapatan masyarakat desa,” tukasnya.

Tags : Desa Wisata , Komisi V DPR