Indonesia-Arab Saudi Jalin Kerja Sama Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kesehatan

| Senin, 04/09/2023 21:43 WIB
Indonesia-Arab Saudi Jalin Kerja Sama Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kesehatan Kerja sama Penempatan Tenaga Kesehatan Indonesia di Kerajaan Arab Saudi (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Republik Indonesia dan the Deputyship of Human Resources Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi melakukan pendatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding Penempatan Tenaga Kesehatan Indonesia di Kerajaan Arab Saudi telah dilakukan pada tanggal 1 September 2023 lalu di Denpasar, Bali.

Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, Ariyanti Anaya mengatakan, kerja sama tersebut merupakan tonggak penting dalam sejarah perjalanan menciptakan kerja sama ketenagakerjaan yang lebih luas bagi Indonesia dan Arab Saudi di bidang kesehatan.

“Kita menghasilkan cukup banyak perawat per tahun, kalau mereka punya kesempatan ke luar negeri kemudian bekerja disana mereka bisa menambah kompetensi mereka dan nantinya mereka pulang tentu bisa berbagi pengetahuan dengan perawat yang ada di Indonesia,” kata Ariyanti Anaya.

Selain memperluas penyaluran tenaga kesehatan, imbuh Ariyanti, kerja sama ini juga merupakan wujud komitmen kedua negara untuk menghadirkan pelindungan maksimal dalam penempatan Tenaga Kesehatan Indonesia ke Kerajaan Arab Saudi.

Untuk mencapai tujuan ini, kedua Pemerintah menyepakati hal-hal berikut:

1. Menegaskan kembali komitmen bersama bahwa Program Government to Government akan menjadi satu-satunya mekanisme yang diakui oleh kedua Pemerintah untuk perekrutan dan penempatan Tenaga Kesehatan Indonesia di Kerajaan Arab Saudi dalam 2 (dua) kategori pekerjaan sebagaimana disepakati dalam Pengaturan Pelaksanaan.

2. Berkomitmen untuk melakukan pemantauan dan evaluasi rutin pelaksanaan Implementing Arrangement, guna mengantisipasi permasalahan yang dapat terjadi dalam pelaksanaan kerja sama.

3. Menyadari pentingnya memerangi praktik illegal perdagangan manusia dan berkomitmen untuk melibatkan pemangku kepentingan terkait di negara masing-masing dengan tujuan untuk membangun sistem penempatan dan pelindungan PMI yang kuat.

Tags : Arab Saudi , Indonesia

Berita Terkait