Legislator PKB Harap Pemerintah Bantu UKM Korban Banjir

| Kamis, 09/01/2020 22:10 WIB
Legislator PKB Harap Pemerintah Bantu UKM Korban Banjir Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan saat memimpin Tim Kunjungan Kerja (Kunker) ke Lampung Timur, Jumat (22/11). (Foto: twitter @DPR_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Bencana banjir melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Kejadian tersebut menelan banyak korban, baik jiwa maupun harta termasuk usaha kecil menengah (UKM) milik masyarakat.

Baca Juga: Kinerja Bank Muamalat Menurun, Fathan Subchi Minta OJK Tanggap

Untuk itu, anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PKB Fathan Subchi berharap pemerintah juga turut membantu pelaku UKM memulihkan perekonomian mereka. Fathan meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan restrukturisasi kredit para pelaku UKM yang jadi korban banjir.

"Bencana banjir yang terjadi di beberapa pekan terakhir banyak menghancurkan berbagai unit UKM yang dirintis masyarakat. Padahal modal mereka pinjaman dari bank. Dengan kondisi ini tentu pemerintah dan Lembaga jasa keuangan perlu merumuskan langkah bersama untuk meringankan bebabn pelaku UKM yang sedang terkena musibah," kata Fathan yang juga wakil ketua Komisi XI DPR RI di Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

Menurutnya, berdasarkan data sementara yang diterima dari masyarakat, bencana banjir di sejumlah wilayah tersebut banyak merusak berbagai jenis usaha di level kecil dan menengah. Kondisi ini, lanjutnya, harus menjadi perhatian bersama karena UKM rentan dengan berbagai goncangan, slaah satunya faktor bencana alam.

"Kalau tidak ada upaya restrukturisasi bisa dipastikan para pelaku UKM ini akan kesulitan untuk kembali bangkit menjalankan usaha mereka," tuturnya.

Baca Juga: Fathan Subchi Minta Penyaluran Dana KUR Tepat Sasaran

Fathan pun mengusulkan berbagai skema restrukturisasi yang bisa dilakukan OJKuntuk menyelamatkan pelaku UKM korban bencana. Dia menyampaikan, OJK bisa melakukan kebijakan seperti pengurangan suku bunga kredit, perpanjangan mas akredit, atau bahkan menyiapkan kredit baru UKM terdampak bencana.

"Kami menyerahkan opsi skema restrukturisasi kredit UKM kepada masing-masing lembaga jasa keuangan. Namun intinya kami berharap pemerintah dan OJK bisa membantu pelaku UKM yang terkena musibah," ujarnya.

Tags : UKM , OJK RI , Restrukturisasi Kredit , PKB

Berita Terkait