Hadapi Revolusi Digital, Rudiantara: Pemerintah Fokus Pemerataan Akses Internet

| Selasa, 04/09/2018 21:13 WIB
Hadapi Revolusi Digital, Rudiantara: Pemerintah Fokus Pemerataan Akses Internet Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informasi RI). (Foto: Hafidz Mubarak A)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan revolusi industri menjadi kesempatan guna mendorong digitalisasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Namun untuk mencapai hal itu perlu didukung beberapa aspek antara lain kebijakan, institusi dan sumber daya manusia.

"Kekuatan kita sebenarnya terletak pada sumber daya manusianya, maka kami terus bangun infrastruktur internet agar dapet dimanfaatkan oleh sektor pendidikan dan kesehatan di daerah 3T (Terluar, Tertinggal, Terdepan) dan perbatasan Indonesia," kata Rudiantara dalam siaran pers yang diunggah lewat kominfogoid, Selasa 4 September 2018.

Menurut Rudiantara, Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo telah bekerja maksimal secara terus menerus memanfaatkan teknologi untuk membangun infrastruktur akses intenet cepat.

"BAKTI sudah buat policy atau aturan kebijakan yang isinya adalah membangun 1 BTS di setiap desa. Kita punya target tahun 2020 semua desa di Indonesia sudah terhubung dengan internet cepat," tukasnya.

Sementara Direktur BAKTI Kemenkominfo, Anang Latif menyampaikan, program kinerja pembangunan infrastruktur internet Palapa Ring di bagian barat Indonesia telah mencapai 100 persen dan akan berlanjut ke bagian timur Indonesia.

"Sedangkan wilayah tengah sudah 94 persen dan nantinya akan berlanjut ke bagian timur. Akan segera beroperasi pada akhir bulan September ini," jelasnya.

Tags : Rudiantara , Internet ,

Video Terkait