Film Downfall : The Case Against Boeing Ungkap Kasus Kecelakaan Lion Air 2018

| Rabu, 02/03/2022 13:51 WIB
Film Downfall : The Case Against Boeing Ungkap Kasus Kecelakaan Lion Air 2018 Pesawat Lion Air

RADARBANGSA.COM - Setelah sukses memikat penggemar dengan film The Tinder Swindler, Netflix kembali meluncurkan film dokumenter terbarunya berjudul Downfall: The Case Against Boeing, yang mengisahkan dua kecelakaan pesawat Boeing 737 Max. 

Pesawat buatan perusahaan multinasional yang memproduksi pesawat ini telah menewaskan ratusan penumpang. Pada tanggal 29 Oktober 2018  Pesawat Boeing 737 Max Lion Air JT 610 mengalami kecelakaan sesaat setalah take off dari bandara Soekarno-Hatta hingga menewaskan 189 penumpang dan kru.

Selang enam bulan kemudian, pesawat Ethiopian Airlines ET302 jatuh pada 10 Maret 2019 dengan menggunakan jenis pesawat yang sama dengan menewaskan 157 penumpang dan kru. 

Boeing sebagai perusahaan yang bertanggung jawab, melemparkan tuduhan kecelakaan akiat kesalahan pilot yang tidak berpengalaman dan pihak maskapai pesawat yakni Lion Air yang tidak tertib dalam penerbangan.

Namun, setelah diselidiki kecelakaan pesawat tersebut menunjukkan bahwa fitur MCAS (Maneuvering Characteristics Augmentation System) di B737 MAX menjadi faktor yang berkontribusi pada kecelakaan.

Asosiasi pilot di Amerika Serikat (AS) di berbagai belahan dunia mengaku baru mengetahui fitur otomatisasi di pesawat Boeing 737 Max 8 tersebut setelah kecelakaan Lion Air JT610.

Akhirnya Boeing mengeluarkan buletin keselamatan tentang bagaiana cara mengatasi masalah jika sistem MCAS kembali tidak normal. 

Namun, kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines ET302 terjadi, terlebih lagi pilot telah mengikuti instruksi sesuai arahan dari pihak perusahaan dalam mengatasi anomali MCAS. Banyak pihak mengatakan bahwa MCAS ini adalah sistem pesawat yang sangat berbahaya dan akan mengakibatkan kecelakaan kembali jika tetap digunakan.

Downfall: The Case Against Boeing disutradarai Rory Kennedy dan ditulis Mark Bailey dan Keven McAlester menyebutkan bahwa perusahaan yang memilih tidak bertanggung jawab atas kasus yang memakan banyak korban. Hal itu dilakukan demi keuntungan lebih besar dan siklus produksi lebih cepat.

 

 

Tags : Pesawat Boeing , Lion Air , Kecelakaan , Downfall

Video Terkait