Texas Blokir TikTok karena Masalah Keamanan Data

| Jum'at, 09/12/2022 21:49 WIB
Texas Blokir TikTok karena Masalah Keamanan Data Apliksi TikTok (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Texas pada pekan ini melarang Tik Tok beroperasi di wilayah kenegaraannya.

Gubernur Texas Gregg Rabu menerbitkan putusan untuk melarang TikTok dengan alasan keamanan dari praktik berbagi data aplikasi dengan pemerintah China.

“TikTok memanen sejumlah besar data dari perangkat penggunanya – termasuk kapan, di mana, dan bagaimana mereka melakukan aktivitas Internet – dan menawarkan kumpulan informasi yang berpotensi sensitif ini kepada pemerintah China,” menurut salah satu surat yang dikirim gubernur ke lembaga negara pemimpin.

Sementara itu TikTok mengklaim bahwa mereka menyimpan data AS di AS, perusahaan tersebut mengakui dalam sebuah surat kepada Kongres bahwa karyawan yang berbasis di China dapat memiliki akses ke data AS. 

"Juga telah dilaporkan bahwa ByteDance berencana menggunakan informasi lokasi TikTok untuk mengawasi setiap warga negara Amerika,” tambahnya.

Surat itu juga mengutip Undang-Undang Intelijen Nasional China tahun 2017, yang menyatakan bahwa bisnis diharuskan membantu China dalam pekerjaan intelijen termasuk berbagi data. Itu menceritakan bahwa algoritma TikTok telah menyensor topik yang sensitif secara politik terhadap Partai Komunis Tiongkok, termasuk protes Lapangan Tiananmen.

Tak hanya Texas, beberapa anggota parlemen Republik lainnya di seluruh negeri telah menerapkan larangan TikTok. Terbaru, Jaksa Agung Indiana melangkah lebih jauh dan menggugat aplikasi media sosial, mengklaim platform berbagi video menyesatkan penggunanya, terutama anak-anak, tentang tingkat konten yang tidak pantas dan keamanan informasi konsumen.

Negara lainnya yang memblokir TikTok adalah India, Pakistan, Bangladesh, India, AS. 

Tags : tiktok

Video Terkait