Pasar Game Indonesia Jadi Salah Satu yang Terbesar di Asia

| Jum'at, 03/03/2023 19:43 WIB
Pasar Game Indonesia Jadi Salah Satu yang Terbesar di Asia Tablet juga bisa berfungsi untuh hiburan game (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Penelitian Southeast Asia and Oceania (SEAO) Gaming Insight Study menemukan bahwa Indonesia masuk ke dalam 7 (tujuh) negara dengan konsumen gamer tertinggi di Asia Selatan dan Oceania.

Lebih dari 6.800 konsumen berusia 18 hingga 49 tahun di Indonesia disurvei pada kuartal terakhir tahun 20221 dimana mereka menunjukkan kecintaan yang tinggi terhadap gaming baik di rumah ataupun saat sedang mobile.

Beberapa alasan yang ditemukan adalah dengan bermain game, gamer dapat menghilangkan stres dan bersantai (74%), dengan rata-rata 7 jam seminggu dihabiskan untuk bermain game. Sebagian besar gamer (92%) lebih suka bermain game dengan nyaman di rumah, dan lebih dari separuh gamer (58%) menghabiskan rata-rata USD $30 per bulan untuk pembelian terkait game seperti konten online eksklusif, tiket turnamen esports, langganan streamer, skin, dan koleksi merchandise.

Studi ini mengidentifikasi empat kepribadian gamer yang berbeda di kalangan penggemar game di wilayah ini – Hardcore Gamer, Gaming Enthusiast, Casual Gamer & Spectator, serta Casual Gamer, berdasarkan total waktu yang mereka habiskan untuk bermain game dan menonton konten game atau esports. Studi tersebut menemukan bahwa lebih dari separuh gamer Indonesia yang disurvei (54%) melakukan hobi ini setidaknya beberapa kali dalam seminggu, yang terdiri dari Hardcore Gamer dan Gaming Enthusiast, seperti digambarkan pada bagan berikut:

“Saat ini bermain game lebih dari sekadar hobi – ini adalah pengisi waktu luang yang menyatukan orang-orang. Wilayah Asia Tenggara dan Oseania memiliki komunitas gamer yang sangat besar, dan penelitian ini menyoroti kebutuhan dan kebiasaan bermain game mereka yang unik, baik sebagai pemain maupun sebagai penggemar e-sports," ungkap Carl Nordenberg, Regional Head of Mobile Experience Business, Samsung Electronics Asia Tenggara dan Oseania, dalam keterangan tertulisnya Jumat 3 Maret 2023..

Gaming Enthusiast dan Hardcore Gamer sangat menekuni hobi mereka, di mana aktivitas gaming yang paling sering mereka lakukan termasuk menonton video seputar gaming, mendiskusikan game dengan orang lain, membaca update dan berita seputar game, membelanjakan uang untuk benda-benda terkait game, dan terakhir, mengikuti persona gaming di sosial media.

 

 

Tags : gamer asia , pasar game

Video Terkait