# PUASA

  • Kamis, 15/04/2021 16:11 WIB WIB

    Bolehkah Puasa Ramadan Ditumpangi Niat Puasa Lain?

    Terdapat beberapa ibadah yang diperbolehkan digabung di dalam satu niat dan masing-masing akan di nilai sah dan mendapatkan pahala. Misalnya dalam puasa sunah senin kamis diperbolehkan juga dibarengi niat mengada puasa Ramadan. Atau dalam salat tahiyyatul masjid dapat diniati sekalian salat qabliyah Zuhur. Niat seperti demikian akan dihukumi sah ibadahnyamenjadi masing-masing tiap ibadah walaupun dibarengi pengerjaannya. Lantas bagaimana jika menumpangi niat puasa Ramadan?

  • Rabu, 14/04/2021 16:41 WIB WIB

    Apakah Batal Jika Menelan Air Liur yang Bercampur Darah Gusi saat Puasa?

    Menurut ulama mazhab Syafi`i menegaskan bahwa menelan air lur bukanlah sesuatu yang dapat membatalkan puasa. Namun, bagaimana jika air liur tersebut telah bercampur dengan sesuatu yang lain? misalnya seperti air ingus yang suci dan darah gusi yang najis. Hal tersebut seperti yang dijelaskan dalam kitab Asna al-Mathalib:

  • Selasa, 13/04/2021 17:03 WIB WIB

    Apakah Boleh Berniat Puasa Ramadan Sebulan Penuh?

    Para ulama empat mazhab semua berpendapat sama bahwa puasa di bulan Ramadan wajib di awali dengan membaca niat. Namun, mengenai teknis niatnya beberapa ulama memiliki pendapat yang berbeda. Ulama mazhab Malikiyyah berpendapat bahwa niat puasa di bulan Ramadan bisa di jamak, cukup di niatkan satu kali dan tidak diwajibkan mengulangi niat di hari berikutnya.

  • Senin, 12/04/2021 18:55 WIB WIB

    PBNU: Awal Puasa Ramadan Jatuh Pada Selasa 13 April 2021

    Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Lembaga Falakiyah PBNU mengikhbarkan awal Ramadhan 1442 H jatuh pada esok, Selasa, 13 April 2021.

  • Kamis, 08/04/2021 13:49 WIB WIB

    Menyambut Ramadan dengan Siap Jasmani dan Rohani 

    Ramadan adalah bulan yang paling mulia diantara bulan lainnya dalam Islam. Dalam bulan Ramadan terdapat segala rahmat, ampunan dan jaminan surga bagi mereka yang sungguh-sungguh menjalani bulan suci Ramadan dengan beribadah kepada Allah SWT. Para ulama telah sepakat bahwa Ramadan adalah bulan yang paling istimewa dan sangat dimuliakan. Keistimewaan Ramadan terdapat dalam hadis riwayat Imam Bukhari:

  • Rabu, 07/04/2021 20:05 WIB WIB

    Haruskah Niat Puasa Ramadan Diucapkan?

    Ramadan tinggal hitungan hari, sudah saatnya umat Islam untuk melaksanakan puasa wajib di bulan Ramadan. Beberapa ulama menyetujui bahwa niat merupakan bagian dari rukun puasa. Sehingga ibadah puasa tidak dianggap sah dan berpahala jika tidak disertakan niat. 

  • Selasa, 06/04/2021 10:54 WIB WIB

    Apakah Menangis Membatalkan Puasa?

    Menangis merupakan respon secara emosional yang sering terjadi secara tidak disengaja ataupun disengaja, ketika berpuasa dan secara tidak sengaja meneteskan air mata akibat mengalami kejadian yang emosional, apakah puasa tersebut menadi batal akibat menangis?

  • Kamis, 01/04/2021 20:08 WIB WIB

    Salah Mengira Sudah Magrib dan Berbuka

    Menyegerakan berbuka puasa adalah kesunahan dalam menjalankan ibadah puasa, dalam hadis riwayat Bukhari Muslim, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan:

  • Kamis, 01/04/2021 19:40 WIB WIB

    Berbuka Puasa dengan Azan Magrib di TV

    Puasa adalah ibadah dengan cara menahan diri dari makanan, minuman dan segala hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Orang yang sedang berpuasa ketika ingin berbuka harus memastikan tenggelamnya matahari sebagai tanda waktu berbuka puasa, namun fenomena yang menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia khususnya di Ibu Kota Jakarta dengan mengikuti azan dalam TV menjadi patokan bebruka puasa.

  • Selasa, 30/03/2021 17:38 WIB WIB

    Puasa Sunah Pada Bulan Syakban

    Perintah untuk melaksanakan puasa pada bulan Syakban lebih banyak dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Bahkan Rasulullah SAW terus berpuasa sunah pada bulan Syakban, diriwayatkan Aisyah RA mengatakan bahwa tidak pernah melihat Rasulullah SAW berpuasa satu bukan penuh kecuali bulan Ramadan dan tidak pernah meliau beliau lebih banyak melaksanakan puasa sunah, selain pada bulan Syakban. Berikut hadis tersebut: