Presiden Akan Gunakan Pesawat Garuda ke AS, Ini Penjelasan Pramono Anung

| Sabtu, 29/02/2020 17:23 WIB
Presiden Akan Gunakan Pesawat Garuda ke AS, Ini Penjelasan Pramono Anung Pramono Anung (Sekretaris Kabinet RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Dalam lawatannya ke Amerika Serikat Maret minggu kedua, 2020 mendatang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan akan menggunakan pesawat sewaan, Garuda Indonesia.

”Memang Pak Presiden akan menghadiri ASEAN-US Special Summit di Amerika dan sekaligus Presiden akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Amerika,” kata Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung dikutip laman setkabgoid, Sabtu 29 Februari 2020.

Pramono Anung menjelaskan alasan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan tidak menggunakan pesawat kepresidenan. Menurutnya,  Apabila menggunakan pesawat kepresidenan yang sekarang, menurut Seskab, itu harus transit tiga kali.

Berdasarkan pengalaman yang terdahulu, jelas Pramono Anung, setiap transit harus mengisi bahan bakar saat dihitung biayanya akhirnya menjadi lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan pesawat yang selama ini digunakan.

”Sudah lebih mahal, capek kemudian yang diangkut juga terbatas, maka diminta oleh Bapak Presiden membuat perbandingan, bagaimana kalau untuk jarak yang jauh ke Amerika itu menyewa Garuda,” jelasnya.

Mas Pram, sapaan akrabnya, Presiden Jokowi menggunakan pesawat sewaan hanya untuk perjalanan jauh saja, ”Tetapi kalau perjalanan yang seperti ke Abu Dhabi, ke itu yang selama, termasuk ke Eropa kemarin, ya juga masih pakai BBJ,” ungkapnya. 

Tags : Presiden Jokowi , Pesawat Garuda