Komisi IX Dorong Pemda Sulbar Perbanyak RSIA

| Minggu, 01/03/2020 16:31 WIB
Komisi IX Dorong Pemda Sulbar Perbanyak RSIA Kantor Gubernur Sulbar (foto: Facebook Pemda Sulbar)

MAMUJU, RADARBANGSA.COM - Komisi IX DPR RI mendorong Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat untuk memperbanyak pembangunan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA).

Menurut Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene, dorongan tersebut disebabkan masih tingginya angka kematian ibu melahirkan dan bayi di Sulawesi Barat pada tahun 2019, yang rata-rata disebabkan oleh minimnya fasilitas kesehatan ibu dan anak yang tersedia di daerah dan kurangnya pemahaman masyarakat tentang pernikahan dini.

“Sulbar memang Provinsi yang bisa dikatakan baru, sehingga masalah pastinya masih banyak. Yang kita soroti adalah anak dan ibu yang tingkat kematiannya masih tinggi. Demikian terjadi sebab fasilitasnya belum menjangkau hingga ke daerah-daerah kecil di Sulbar. Mereka memiliki rumah sakit ibu dan anak, tetapi hanya di pusat saja. Sedangkan di daerahnya yang jaraknya sangat jauh banyak pernikahan dini terjadi. Ini juga perlu sosialisasinya terhadap pernikahan dini,” tukas Felly dilansir dprgoid, Sabtu 29 Februari 2020.

Untuk itu, Felly berharap agar Pemprov dan Dinas Kesehatan Sulbar dapat bersinergi untuk segera memperbanyak bangunan sekurangnya paling tidak Puskesmas di daerah bagian Sulbar.

“Dengan tersedianya fasilitas kesehatan yang banyak, keluarga-keluarga di daerah kita harapkan tidak perlu mengeluarkan uang banyak datang ke rumah sakit di pusat kota lagi,” ungkapnya.

Tags : DPR RI , KOMISI IX , Pemda Sulbar