Tak Hanya Pikirkan Skema Untung Rugi, Abdul Wahid Minta PLN Tingkatkan Pelayanan

| Senin, 08/06/2020 10:15 WIB
Tak Hanya Pikirkan Skema Untung Rugi, Abdul Wahid Minta PLN Tingkatkan Pelayanan Anggota Komisi VII DPR RI FPKB Abdul Wahid (foto: Istimewa)

PEKANBARU, RADARBANGSA.COM - Sebagai Perusahaan yang dipercayakan Negara untuk melayani pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat, seharusnya PT PLN (persero) memahami kondisi masyarakat selama wabah covid-19 ini terjadi, banyak yang mengalami kesulitan, bahkan ada yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Lonjakan kenaikan tagihan listrik justru memperparah kondisi psikologi masyarakat yang mengalami penurunan secara ekonomi di tengah wabah covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Anggota DPR RI Komisi VII asal Riau, Abdul Wahid saat menjadi narasumber bersama Menejer PLN Area Pekanbaru Himawan Susanto di Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 1, Pekanbaru, Senin 8 Juni 2020. 

"PLN ini perushaan, yang skemanya untung rugi, tetapi sebagai perusahaan negara PLN juga harus mendahukukan pelayanan, terlebih saat wabah covid-19 memberikan dampak buruk bagi keadaan ekonomi masyarakat," terang Abdul Wahid.

Sebelumnya Himawan Susanto, Menejer Area Pekanbaru menjelaskan selama Covid-19 ini, tagiahan di bulan April dan Mei tidak dilakukan pembacaan langsung di meteran, kebijakannya mengambil jumlah rata-rata dari tagihan Januari-Maret, "Lalu pada tagihan juni petugas lapangan langsung membaca meteran, ternyata ada kelebihan daya yang dipakai dari perkiraan rata-rata itu. Sebab itulah tagihan Juni menjadi besar," jelasnya.

Menanggapi hal itu, Abdul wahid yang juga Anggota DPR RI Fraksi PKB itu menduga ada terjadi `mis` manajemen, sebab ada banyak pengaduan dari masyarakat tagihan mereka 3 kali lipat dari biasanya.

"Ada banyak sekali pengaduan, kalau peridiksi rata-rata itu naik 20-30% itu masih logis, sebab banyak bekerja dirumah, tapi ada yang mengadu biasa tagihan 1 juta, ini naik 3 juta, PLN harus cek betuk soal ini, saya menduga ada yang salah ini," tegas Wahid.

Wahid juga mengatakan akan mendiskusikan dengat Dirut PLN di Komisi VII, "Saya dan teman-teman Komisi VII akan mendiskusikan ini, mencari solusi dengan Dirut PLN nanti, termasuk meminta PLN memberikan pelayanan semacam diskon atau skema pengurangan tarif dan sebagainyalah, agar dapat mengobat beban masyarakat yang berat ini," tutup wahid

Tags : Abdul Wahid , PKB , PLN , Listrik Naik