Komisi VII DPR Minta Inalum Tingkatkan Kapasitas Produksi

| Rabu, 17/11/2021 20:28 WIB
Komisi VII DPR Minta Inalum Tingkatkan Kapasitas Produksi Sugeng Suparwoto (Jas Biru/Ketua Komisi VII DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto meminta PT Inalum untuk meningkatkan kapasitas produksinya. Sejak berdiri tahun 1976, produksi Inalum masih di angka 250 ribu ton per tahun dan ke depan harus meningkat 500 ribu ton.

Menurutnya, permasalahan krusialnya adalah Inalum harus meningkatkan pasokan listrik untuk meningkatkan kapasitas produksi. Saat ini, Inalum telah memiliki dua PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), yakni PLTA Siguragura dan PLTA Tangga untuk memasok listrik.

"Bagi Inalum sendiri membutuhkan energi listrik 600 MW untuk memproduksi 250 ribu ton per tahun aluminium. Maka, butuh 600 MW lagi untuk meningkatkan kapasitas produksi," ujar Sugeng usai pertemuan dengan Direksi PT. Inalum, PLN, Mind ID, dan Kementerian ESDM di Asahan, Sumatera Utara (Sumut), Selasa, 16 November 2021.

Disampaikannya, Komisi VII berharap agar PLN dan Inalum bisa duduk bersama membicarakan win-win solution untuk menambah pasokan listrik bagi Inalum. "Kami mendorong agar Inalum memperbesar kapasitasnya dari 250 ribu ton per tahun menjadi 500 ribu ton per tahun. Maka memerlukan tambahan listrik kembali kurang lebih 600 MW lagi," terangnya seperti dilansir dari laman resmi DPR RI, Rabu, 17 November 2021.

Politisi Partai Nasdem itu mengingatkan, PLTA yang dikelola Inalum dan PLN di Sumut harus betul-betul dirawat untuk kesinambungan energi ramah lingkungan bagi industri. "Kita juga melihat bagaimana kesinambungan itu penting. Kita harus merawat alam, karena PLTA sangat bergantung dari debit air. Dan Danau Toba sebuah karunia yang luar biasa, bisa untuk membangun power plan," tuturnya.

Tags : DPR RI , Inalum , PLTA , PLN , Sumatera Utara